Garuda Indonesia : Official Partner of Liverpool Football Club

Garuda Indonesia : Official Partner of Liverpool Football Club - Maskapai penerbangan milik negara PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) menandatangani kerjasama sponsorship dengan The Liverpool Football Club dan The Athletic Grounds Limited. Garuda Indonesia kini resmi bekerja sama dalam soal marketing dan sponsorship agreement di dua klub itu.

Berdasarkan keterbukaan informasi yang disampaikan Garuda kepada Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu 11 Juli 2012, dijelaskan dengan perjanjian itu Garuda Indonesia diberikan hak menjadi "Official Partner of Liverpool Football Club" dan "Official Global Airline Partner of Liverpool Football Club".

Liverpool FC adalah salah satu klub sepak bola yang bermain di Liga Premier Inggris. Sedangkan Athletic Grounds adalah salah satu stadion olahraga sejenis sepak bola yang cukup digemari masyarakat di Irlandia Utara.

Nama Garuda Indonesia sempat muncul di dinding iklan stadion Wembley di Kota London, Inggris. Saat itu, perseroan dengan slogan "Airline of Indonesia" muncul saat pertandingan persahabatan antara tim nasional Inggris melawan Belgia jelang kejuaraan Euro 2012 yang digelar di Polandia dan Ukraina.

Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar menjelaskan Garuda menjadi sponsor Liverpool itu dalam rangka upaya promosi Garuda di kancah global. Garuda melihat begitu banyaknya fans sepak bola di dunia. "Khususnya terhadap Liverpool," ujarnya ketika dihubungi VIVAnews, Rabu, 11 Juli 2012.

Emirsyah yang tengah berada di Farnborough Airshow di London ini menjelaskan pemilihan Liverpool ini berdasarkan penilaian dari berbagai macam aspek. "Bahwa yang tepat untuk promosi Garuda adalah Liverpool. Makanya kami pilih Liverpool," ujarnya.

Tak hanya Garuda

Sponsorship Garuda itu menambah sekian perusahaan Indonesia yang tertarik untuk menjadi sponsor klub bola dunia. PT Bank Danamon Tbk, misalnya, mensponsori Manchester United dengan menggunakan nama dan logo klub asal Inggris ini sebagai produk kartu kredit.

Selain itu, ada PT Bank Negara Indonesia Tbk yang menggandeng Chelsea FC dalam produk yang sama, kartu kredit. Lalu, Kacang Dua Kelinci juga menempelkan logo Real Madrid di kemasan kacang produksinya.

Executive Vice President Card Business Head Bank Danamon, Dessy Masri mengatakan, dengan menggaet Manchester United, Danamon berharap bisa meningkatkan penetrasi produknya. Banyaknya fans fanatik membuat Danamon tergiur.

"Di Indonesia, Manchester United memiliki 30 juta fans. Angka yang fantastis," kata Dessy dalam pesan singkat kepada VIVAnews, Selasa 8 Mei 2012.

Dari total fans itu, Danamon memiliki potensi 1,8 juta fans yang mau menggunakan produk Danamon. Karena itu, Danamon tak hanya meluncurkan kartu kredit, tapi juga kartu debit.

Danamon sudah membuktikan potensi ini. Pada Juni 2011, pengguna kartu kredit Setan Merah ini baru 50 ribu kartu. Jumlah ini melonjak menjadi 600 ribu kartu pada akhir 2011. Artinya, masih banyak potensi yang dapat digarap oleh Danamon pada tahun ini.

Laman danamon.co.id menjamin, kartu MU akan membawa nasabah lebih dekat dengan MU. Danamon berusaha memberikan yang terbaik bagi nasabah melalui kerja sama dengan mitra-mitra pilihan.

"MU dengan prestasinya sebagai salah satu klub sepak bola terbaik di dunia dan dengan jumlah fans terbanyak di Indonesia adalah pilihan yang tepat bagi Danamon,” kata Presiden Direktur Bank Danamon, Henry Ho.

Guna menarik minat masyarakat memiliki kartu kredit MU, Danamon menggelar undian tiap tahun. Sebanyak 38 pemenang undian itu berhak menyaksikan langsung pertandingan sepak bola di Old Trafford. Mereka juga mendapat pengalaman istimewa berupa tur di stadion dan museum Manchester United. Para pemenang berkesempatan melihat langsung ruang ganti pemain MU.

Pihak MU sendiri memenuhi komitmen kerja sama mereka dengan Danamon dengan menghadirkan legenda MU, Gordon McQueen dan Dwight Yorke, ke Jakarta pada Maret lalu.

Sedangkan PT Dua Kelinci sendiri bekerjasama dalam bentuk sponsorhip untuk wilayah Indonesia dengan durasi dua tahun. Dari laman perusahaan, kontrak itu ditandatangani pada Agustus 2010 oleh perwakilan dari Real Madrid Club de Futbol, Real Madrid Gestion de Derechos, José Ángel Sánchez Periánez, Manuel Redondo Sierra dan President Director PT. Dua Kelinci, Hadi Sutiono, di Madrid.

Kesepakatan ini telah menjadikan Kacang Dua Kelinci sebagai sponsor resmi Real Madrid di Indonesia dan disusul dengan kegiatan promosi berskala nasional untuk semakin menguatkan citra Dua Kelinci dan Real Madrid. Dua Kelinci merupakan sponsor pertama klub Real Madrid dengan perusahaan Indonesia.

Bahkan gelandang Real Madrid, Xabi Alonso Xabi Alonso tampil dalam event Indonesia Mengoper Bola yang diselenggarakan Kacang Dua Kelinci di Monas, Jakarta, Minggu, 8 Juli 2012. Acara itu dihadiri ribuan orang yang ingin melihat sosok langsung bintang Piala Eropa itu.
 Sumber : VivaNews