Tips Bisnis Apotek - Toko Obat

Tips Bisnis Apotek - Toko Obat : Bisnis apotek memiliki potensi yang besar. Bukan musiman dan cukup kebal dari segala situasi ‪.Bisnis apotek memiliki potensi yang besar. Bukan musiman dan cukup kebal dari segala situasi.Justru orang berhadapan dg apotek krn membutuhkan obat-obatan untuk kesehatan atau pengobatan dirinya. Justru orang berhadapan dg apotek krn membutuhkan obat-obatan untuk kesehatan atau pengobatan dirinya. Harus diingat, persaingan dibisnis ini sangat ketat. Karenanya setiap apotek memiliki diferensiasi/ keunggulan masing2. Diferensiasi/keunggulannya mulai dari sisi konsep pelayanan, harga, jumlah item produk yg dijual hingga nilai investasi #BerbisnisApotek.

Renovasi interior, perijinan jg salah yg penting dlm mmbangun apotek. Jika diwaralabakan, franchise fee hrs diperhitungkan.Memang berbisnis apotek membutuhkan investasi yg tidak sedikit. Mulai dari tempat, ketesediaan & stok obat, rak obat dll.Misalnya, rata2 untuk investasi Rp. 700jt itu bisa BEP pd thun ke 2 atau ke 3. Tergantung dr potensi lokasi apotek.Apotek sebagai kebutuhan yg berupa barang yg potensinya besar & bagus, hal ini diperkuat dg kondisi & fakta sbg berikut :

Meskipun investasinya relatif besar, namun potensi BEP dibisnis ini relatif tinggi.

1. Kesadaran masyarakat akan kesehatan yg semakin tinggi
2. Naiknya angka kesakitan terutama berkembangnya penyakit2 degeneratif yg memerlukan pengobatan jangka panjang
3. Kesadaran masyarakat untuk membeli obat yang aman dan berijin resmi
4. Deregulasi perijinan apotek yang makin dipermudah
5. Apotek boleh menjual produk2 lain non obat, seperti kosmetik dan makan

Bagaimana dgn resiko bisnis? Yg jelas, semua bisnis menyimpan resiko, termasuk apotek. Khusus untuk apotek, risiko bisnis yg biasanya muncul bisa diindentifikasi dr 2 hal .
1. Biaya operasional yg cukup besar, krn mmerlukan tmpat yg layak & mlibatkan para profesional (Apoteker dan Asst Apoteker)
2. Masa kadaluarsa obat. Bila tdk ahli dlm mengelola obat, maka bs terjadi byk obat yg tdk bs dijual krn tlh kadaluarsa

Mau membeli waralaba atau usaha sendiri, masing2 mempunyai kelebihan dan kekurangannya.Dlm menjalankan bisnis apotek, ada dua pilihan yg bs Anda pertimbangkan. Bisa dg membeli franchise atau dg membuka sendiri.Kelebihan jika membeli waralaba apotek, adalah tidak ribet dan lebih praktis. Anda tinggal menjalankan saja.Sedangkan kelemahannya biasanya investasi yg dibutuhkan relatif lebih mahal.Karena membeli waralaba sama saja membeli merek apotek yang sudah terkenal plus experience pengelolaan bisnisnya.Tapi, jika Anda ingin mendirikan apotek secara mandiri, lebih bagus krn Anda akan lbh tahu scr detil bisnis yg Anda geluti.

Pendek kata, Passion Anda akan lebih jelas terlihat. Krn untuk mendirikan secara mandiri lbh ribet.Tidak hanya soal ijin dan pencarian lokasi, tetapi juga soal SDM, Apoteker dan supply obat.Mau pilih mana? Semua dikembalikan lagi ke Anda. Selamat Berbisnis! #BerbisnisApotek.