ORI Seri 009 : Sebaiknya Anda Tahu

ORI Seri 009 : Sebaiknya Anda Tahu - Dari sekian banyak alternatif investasi yang ada, Obligasi Negara Ritel 009 (ORI009) merupakan salah satu alternatif instrumen investasi yang memiliki tingkat risiko gagal bayar (default risk) paling kecil karena dijamin Pemerintah RI berdasarkan Undang-Undang No. 24 Tahun 2002 tentang Surat Utang Negara (SUN).

Obligasi Negara Ritel (ORI)merupakan obligasi negara yang dijual kepada individu atau perseorangan warga negara Indonesia melalui agen penjual di pasar perdana. Dalam hal ini, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) termasuk salah satu agen penjual yang melayani penjualan ORI009. Perbedaan antara ORI009 dengan ORI seri-seri sebelumnya adalah adanya ketentuan ”Minimum Holding Period” yakni jika investor hendak menjual kembali ORI009 di pasar sekunder, pemindahbukuan hanya dapat dilakukan setelah pembayaran kupon pertama.

Poin penting yang perlu diperhatikan saat memilih produk investasi adalah jangka waktu (tenor), tingkat return, dan risikonya. Biasanya, investasi dengan bunga tinggi memiliki tingkat risiko tinggi. Sementara untuk ORI, tingkat return-nya lebih tinggi dari deposito Bank Pemerintah dan pokok yang diinvestasikan akan kembali 100 persen bila disimpan sampai dengan jatuh tempo.

Kupon (bunga) ORI akan dibayarkan setiap bulan dengan tingkat bunga tetap (fixed rate) hingga jatuh tempo 3 tahun investasi (tenor). Keuntungan lain berinvestasi ORI adalah dapat diperdagangkan di pasar sekunder. Harga ORI di pasar sekunder cenderung akan naik dengan kondisi suku bunga yang cenderung turun sehingga investor tidak saja menikmati kupon yang diberikan secara bulanan, tetapi juga berpotensi menikmati keuntungan modal (capital gain).
tujuan penerbitan ORI 009 adalah untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan APBNP 2012. Selain itu, penerbitan ORI juga bertujuan mengembangkan pasar Surat utang Negara domestik melalui diversifikasi instrumen sumber pembiayaan dan perluasan basis investor. "Ini penggunaan ORI sebagai salah satu channel untuk pembiayaan dengan diversifikasi utang. Ini memperkaya supaya akses kita tidak sedikit,"
Sebaliknya kalau suku bunga cenderung naik, maka harga ORI di pasar sekunder cenderung turun. Jadi, jangan panik dan serta merta menjual ORI. Sebaiknya ORI tetap disimpan hingga masa jatuh tempo. Toh, pada akhirnya investor tidak akan kehilangan modal dan tetap bisa menikmati keuntungan dari kupon setiap bulan.

Masa penawaran ORI009 akan dilakukan pada 21 September – 5 Oktober 2012. Penjatahan dan settlement masing-masing akan berlangsung pada 8 Oktober 2012 dan 10 Oktober 2012. Setelah itu, ORI009 akan dicatatkan di bursa pada 11 Oktober 2012. Tiga tahun kemudian ORI009 akan jatuh tempo, yakni pada 15 Oktober 2015. Pemegang ORI seri 009 ini dapat menerima kembali nominal atau pokok investasi pada saat tanggal jatuh tempo.

Membeli ORI009 di BCA menawarkan banyak keuntungan. Salah satunya adalah cashback sebesar 0.1 persen dengan minimum pembelian Rp 150 juta dan akan dibayarkan paling lambat 14 hari kerja setelah tanggal settlement.

Keuntungan lain adalah investor secara otomatis berpartisipasi dalam program penanaman dan pemeliharaan pohon di Taman Nasional Ujung Kulon. Karena setiap pembelian Rp 5juta(berlaku kelipatan), BCA akan menyumbang Rp1.000 untuk mewujudkan program tersebut.Ini menjadi wujud peran aktif dalammelindungi lingkungan dari terjadinya kerusakan.

Tunggu apalagi, segera dapatkan dan raih berbagai keuntungan dari berinvestasi ORI009 BCA. Informasi lebih lajut, hubungi Halo BCA di 500888 atau (021) 500888 dari ponsel dan kunjungi www.bca.co.id.
sumber : bca.co.id