Pengalaman Beli Tiket Air Asia Online dengan Internet Banking BCA

Pengalaman Beli Tiket Air Asia Online dengan Internet Banking BCA - Surat Pembaca Kompas - Internet Banking BCA Tidak Reliable
Selasa, 4 Desember 2012 | 15:57 WIB

Saya adalah nasabah BCA yang melakukan pembelian tiket AirAsia dengan proses pembayaran "e-commerce Payment. Kronologinya adalah sebagai berikut: 25 November 2012 Saya melakukan pembelian tiket pulang pergi Jakarta-Semarang dengan proses pembayaran "e-commerce Payment" melalui KlikBCA. Status pembayaran yang saya terima adalah "Silakan hubungi call center Airasia", sementara dana saya terpotong sesuai dengan pembayaran yang diminta.

Saya mengecek status pembelian di website AirAsia, dan status nya adalah "Need Payment", alias dana saya yang terpotong tidak diakui. Saya menghubungi HaloBCA di 500888 untuk meminta penjelasan mengenai status ini, dan seperti yang saya duga, Customer Service HaloBCA hanya dapat memberikan jawaban "Laporan akan diproses kurang lebih 5 hari kerja" dan memberikan nomor referensi laporan. Tiket Booking saya kemudian expired karena setelah lewat dari jam yang ditentukan pembayaran dianggap belum diterima.

Saya kemudian melakukan pembelian ulang, seperti yang disarankan oleh CS BCA, dengan menggunakan fasilitas internet banking bank lain dan berhasil. 26 November 2012 Saya kembali menghubungi HaloBCA dengan menyatakan nomor referensi laporan yang diberikan. Laporan saya sudah diterima, dan karena saya sudah melakukan pembelian tiket dengan menggunakan pembayaran e-commerce bank lain, saya meminta refund kepada BCA. BCA sendiri meminta bukti pembelian tiket yang telah saya beli dengan menggunakan bank lain, dimana yang dijanjikan adalah BCA akan mengembalikan uang saya setelah bukti pembelian tiket diterima.

27 November 2012 Saya menerima email dari AirAsia yang mengkonfirmasi pembelian melalui BCA. Hal ini bertentangan dengan permintaan saya yang meminta agar uang saya di refund, bukan dibelikan tiket baru. Pihak dari BCA sendiri akhirnya mengatakan bahwa ada kesalahan dari pihak BCA dan meminta saya menunggu (tidak disebutkan berapa hari). 3 Desember 2012 Selang satu minggu, uang saya belum juga dikembalikan.

Pagi ini saat saya kembali menghubungi BCA, saya diminta agar menunggu sampai sore ini dan uang akan di refund. Kenyataannya, sampai malam uang yang dijanjikan akan di refund ini tidak kunjung masuk juga. 4 Desember 2012 Saya kembali menghubungi HaloBCA seperti biasa dan menanyakan status refund saya, dan kali ini dijawab oleh pihak BCA sebagai berikut: "Terjadi gangguan sistem dan tidak dapat melihat status laporan." Saya sangat menyesalkan kejadian ini, karena setahu saya dan orang awam pada umumnya, BCA ada salah satu bank besar di Indonesia.

Bagaimana mungkin layanan Internet Banking BCA bisa se-tidak reliable ini. System error bukan merupakan alasan yang bisa diterima begitu saja oleh masyarakat umum, kami sebagai nasabah yang merasa dirugikan malah dibuat repot dengan harus menghubungi HaloBCA berkali-kali dan menjelaskan permasalahan berulang-ulang kepada orang yang berbeda, dan tidak mendapat penyelesaian yang diharapkan. Kalau boleh saya sarankan, hendaknya pihak BCA melakukan Capacity Planning untuk layanan Internet Banking mereka.

Masalah seperti ini tidak hanya terjadi saat pembelian tiket saja, tetapi terjadi juga saat pembelian voucher prabayar, dimana dana terpotong tetapi pulsa yang dibeli tidak juga masuk. Saya mohon pihak Kompas.com dapat memuat keluhan saya ini agar nasabah yang lain tidak mengalami hal yang seperti saya alami. Dan saya harap pihak BCA segera menanggapi laporan saya dan memproses permasalahan saya SEGERA. Terima kasih banyak.

vanny valeria
setiabudi II
jakarta