#inspirasiBisnis Membuka Toko Plastik

#inspirasiBisnis Membuka Toko Plastik
kotabontang.net - Kebutuhan kantong plastik di masyarakat cukup tinggi, seperti sebagai pembungkus makanan, minuman, pakaian dan obat-obatan. Alasan seperti ini semakin memantapkan Alvin Adrian membuka toko plastik di kawasan Jalan RE Martadinata, Yogya.

Selain aneka plastik, menyediakan pula kardus makanan/snack, perlengkapan ulang tahun, kertas bungkus makanan, karet gelang dan sedotan.

Barang-barang tersebut, jelas Alvin, laku keras saat Bulan Ramadan, sehingga dalam sehari dapat terkumpul omzet rata-rata sampai Rp 4 juta. Termasuk juga saat Idul Adha, sebab banyak warga membutuhkan plastik untuk membungkus daging hewan kurban. Begitu juga saat musim pernikahan, omzet penjualan juga tinggi. “Lain halnya ketika Bulan Sura, warga yang punya hajatan sedikit sehingga tingkat lakunya barang tidak bisa maksimal,” ungkap Alvin seperti dilansir KRjogja.com.

Ditambahkan, beberapa resep penting yang diterapkan dalam mengelola tokonya, antara lain berusaha memberi pelayanan sebaik mungkin kepada konsumen. Selain itu harus berusaha bisa giat bekerja, tekun dan ulet. Dagangan yang dijual pun diusahakan komplit, termasuk dari yang kualitas biasa sampai terbaik. Semakin baik kualitas, harga biasanya lebih mahal. Pihaknya mengambil barang dari pabriknya langsung seperti di Kudus, Solo dan Semarang.

Adapun jenis plastik di tokonya beragam, seperti plastik es (biasa sebagai pembungkus es lilin), potongan, rol-rolan, tas kresek, plastik klip dan HD (plastik bening dengan tampilan agak gelap). Dijual secara eceran maupun grosir dengan harga bersaing. Syukur diusahakan bisa lebih rendah dari toko lain, alias ambil untung tidak banyak-banyak. Trik ini pun diyakini akan bisa menggaet pembeli/pelanggan lebih banyak.

“Di sini saya dibantu dua orang. Syukur suatu saat bisa mempunyai toko di tempat lain, sehingga bisa merekrut tenaga kerja lagi,” harap Alvin.