Strategi promosi produk Clickbank

Strategi promosi produk Clickbank
kotabontang.net - Strategi promosi produk Clickbank, Tujuan kita menjadi affiliate clickbank tentunya ingin agar dapat mendatangkan penjualan yang sebanyak-banyaknya sehingga kita bisa mendapatkan keuntungan/komisi yang besar jumlahnya. Tapi semua itu sia-sia saja kalau kita tidak melakukan langkah selanjutnya yaitu berpromosi. Tidak karena kita sudah mendaftar jadi affiliate clickbank dan memilih produk affiliate lantas orang serta merta tahu dan membeli produk melalui link affiliate kita. Semua membutuhkan proses yang cukup panjang dan perlu keseriusan untuk melakukannya.

Cara promosi yang saya tuliskan di sini adalah pengalaman praktek pribadi yang saya pelajari dari berbagai sumber terutama di rahasiasuksesclickbank.com ditambah sedikit “bumbu” dari ide saya sendiri. Hasilnya bisa dibilang lumayan bagi seorang pemula seperti saya, hampir $300 US saya dapatkan dari clickbank di bulan pertama tanpa biaya promosi sama sekali. Ya . . . percaya atau tidak, saya menggunakan media promosi gratisan. Saya akan sebutkan cara dan media promosi yang saya pakai serta alasannya di akhir postingan ini.

I. Media Promosi

Anda bisa menggunakan media-media berikut ini untuk mempromosikan produk affiliate pilihan anda :
1. Blog
2. Jejaring sosial

3. Forum

4. Article Directory
5. Komentar di blog/situs

6. Video

7. File Power Point
8. Email Marketing
9. PPC (Pay Per Click)



II. Tips dan trik Promosi

1. Blog atau landing page (halaman penawaran)
Berpromosi melalui blog adalah salah satu cara yang efektif dalam menjalankan bisnis affiliasi. Anda bisa bebas memasang banner promosi di blog Anda dan menjelaskan keunggulan dari produk yang Anda promosikan dengan lebih detail melalui artikel di dalam blog Anda.
Gunakan desain blog yang menarik dan selaras dengan tema produk sehingga dengan hanya melihat blog anda, pengunjung akan betah berlama-lama membaca seluruh artikel dan penawaran yang anda suguhkan.
Elemen terpenting dalam berpromosi melalui blog adalah kualitas artikel. Buatlah artikel yang menarik dan mengundang kepenasaran pembaca dengan gaya bahasa yang muah dimengerti, dan sebaiknya mengandung unsur berikut ini:

A). Pokok Permasalahan
Misalnya anda akan mempromosikan produk ‘weight loss’. Dalam hal ini masalah utama yang dialami para pembaca blog Anda adalah kelebihan berat badan atau kegemukan. Mereka mencari solusi untuk masalah mereka tersebut dan Anda menulis artikel untuk menyediakan solusi apa yang mereka butuhkan.

B). Akibat dan Resiko Yang Bisa Terjadi
Menjelaskan kepada pembaca resiko apa saja yang bisa terjadi apabila masalah ‘kegemukan’ tidak segera ditangani. Akibat-akibat yang dimaksud antara lain:

- Kurangnya rasa percaya diri

- Resiko terjadinya berbagai penyakit yang ditimbulkann akibat kelebihan lemak atau obesitas

- Dll (silakan kreatifitas anda sendiri)



C). Kendala Dalam Mengatasi Masalah
Di sini Anda menjelaskan kepada pembaca beberapa kendala yang dalam mengatasi masalah mereka. Misalnya :
- Minimnya informasi tentang cara diet yang aman

- Terlalu banyak referensi sehingga informasi yang diterima jadi simpang siur.

- Tips-tips diet yang beredar seringkali tidak akurat dan malah menambah masalah kesehatan

- Kurangnya informasi yang bisa didapatkan pembaca melalui konsultasi langsung dengan ahli medis.
- Mahalnya biaya tindakan medis untuk masalah ini, sehingga pembaca dituntut untuk bisa membekali diri terlebih dahulu dengan pengetahuan mengenai masalah mereka sebelum memutuskan untuk menjalani tindakan medis. Dll.


D). Berikan saran
Anda sebaiknya memberikan saran-saran terlebih dahulu sebelum menyarankan referensi sebuah produk / program yang menawarkan solusi dari permasalahan mereka. Anda bisa menyarankan beberapa point berikut:
- Menyarankan untuk mencari referensi/bacaan yang membahas masalah pembaca dari sumber/penulis yang terpercaya.

- Menyarankan untuk waspada terhadap mitos-mitos cara-cara ‘weight loss’ cepat yang berkembang di masyarakat karena tidak semua dari mitos tersebut bisa terbukti kebenarannya.

- Menyarankan untuk tidak panik karena masalah mereka (pembaca) bisa diatasi dengan apabila mereka memiliki basic pengetahuan yang cukup tentang bagaimana masalah mereka bisa terjadi.


E). Rekomendasikan produk anda
Selanjutnya anda bisa mulai merekomendasikan produk / program ‘weight loss’. Dengan mengemukakan beberapa alasan yang bisa Anda gunakan, misalnya :
- Program ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi pembuat program yang telah berhasil menurunkan berat badannya dari …lbs menjadi …lbs dlm waktu …minggu dengan mudah dan alami tanpa obat sama sekali sehingga mendapatkan bentuk tubuh idaman dan tetap sehat.

- Panduan/program ini membahas semua masalah diet sehat dengan tuntas dan lengkap dengan bahasa yang ringan sehingga mudah dimengerti pembaca yang awam sekalipun.

- Program/panduan ini tersedia dalam bentuk digital, sehingga mudah untuk disimpan dalam perangkat computer.

- Harga produk ini US$... relative murah jika dibandingkan dengan manfaat yang didapat plus mendapatkan bonus ….. (sebutkan bonus-bonusnya).
- Dll.


Penting:
- Tempatkan link affiliate anda di bagian ini untuk mengarahkan pembaca menuju web vendor untuk membuktikan kebenaran artikel anda.
- Berikan nilai tambah dengan cara memberikan berbagai bonus untuk pembaca yang membeli produk tersebut melalui web penawaran anda. Cari saja ebook gratisan untuk anda download dan berikan sebagai banus. Tapi ingat!, bonus harus ada kaitannya dengan produk yang anda promosikan.

F). Penutup
Di bagian penutup, berikan rasa empati Anda terhadap masalah pembaca dan dukungan moril untuk mereka. Sambil mengingatkan pembaca akan produk yang anda rekomendasikan dengan memberikan gambar/banner/kalimat ajakan lainnya (yg sudah disisipi link affiliate anda tentunya) yang kiranya menarik dan membuat penasaran pembaca untuk nge-kliknya.


Point-point di atas hanyalah gambaran saja. Anda bisa mengembangkan ide-ide anda sekreatif mungkin. Penulisan artikel hendaknya didasari niat untuk membantu pembaca mengatasi masalah mereka, bukan semata-mata menjual produk dan mendapat banyak keuntungan (walaupun memang itu tujuan utamanya). Kualitas artikel akan sangat mempengaruhi tingkat keberhasilan promosi Anda.

2. Jejaring Sosial
Jaman sekarang siapa sih yang tidak kenal situs jejaring social seperti Facebook dan Twitter?. Anda bisa memanfaatkan akun anda di situs jejaring social untuk berpromosi. Ini hanya sekedar saran karena saya sendiri kurang mengoptimalkan akun jejaring social saya untuk berpromosi produk clickbank, kenapa? . . . karena saya tidak mempunyai teman dari luar negeri. Saya menggunakan situs social ini hanya untuk berpromosi produk pisik dari toko online saya.

Saran saya, Bagi anda yang berpromosi di situs jejaring social, sebaiknya memasang link/pengarahkan pembaca menuju web (review) kita. Jangan langsung memasang link affiliate kita yang tentunya langsung menuju website vendor. Kenapa?, ini untuk meningkatkan popularitas web/blog kita. Blog yang popularitasnya bagus tentu mendapat kesan professional dan dapat dipercaya.

Contoh status :


"Buat teman2 yang sedang melaksanakan program diet, ada info menarik di sini: [link di sini]. Mudah2an bisa membantu!"


3. Forum
Berpromosi di forum adalah salah satu cara yang efisien dalam menjalankan bisnis affiliate clickbank. Carilah forum-forum yang tema-nya sesuai dengan produk yang kita promosikan (silakan search di google dengan mengetikkan –contoh- : weight loss forum).
Tips berpromosi di forum :
- Bangunlah nama anda dengan memberi solusi untuk pertanyaan member lain. Bangun kepercayaan terlebih dahulu sebelum menyarankan orang lain untuk mengunjungi web/blog anda. Kesabaran sangat dibutuhkan dalam hal ini. Bila Anda bergabung dalam forum hanya untuk berpromosi dan sangat minim dalam bersosialisai, maka akun Anda kemungkinan besar akan di-banned oleh moderator forumnya.

- Jangan pernah mengirimkan spam ke inbox member lainnya. Hal ini hanya akan merusak citra anda.

- Setelah aktif cukup lama di forum dan nama anda sudah cukup dikenal, anda sudah bisa mulai mengajak member lain untuk “jalan-jalan” ke web kita. Itu pun jangan terlalu sering dilakukan
- Cukup lama memang. Kesabaran dan ketekunan mutlak diperlukan di sini. Tapi dampak jangka panjangnya sangat bagus untuk kepentingan bisnis affiliate kita.

4. Article Directory
Menulis sebuah artikel dan menampilkannya pada article directory merupakan salah satu “senjata” yang paling banyak digunakan oleh para affiliate marketing. Cara ini terbukti sangat efisien karena biaya yang sangat murah bahkan bisa gratis (koneksi internet tetap diperlukan). Disamping itu, cara ini lebih efektif karena lebih spesifik mengarah pada produk yang kita promosikan serta lebih tertarget.
Contoh, anda mempromosikan produk ‘weight loss’ dan menulis artikel di sebuah direktori artikel. Sudah tentu anda menyimpannya pada kategori ‘weight loss’ pada artikel direktori tersebut sehingga orang yang mencari solusi tentang berat badan pasti mencarinya di kategori ‘weight loss’. Jadi lebih tertarget.
Beberapa article directory yang bisa anda gunakan antara lain : GoArticles.com, EzineArticles.com, Buzzle.com, ArticleBase.com, ArticleDashboard.com, ArticleAlley.com, ArticleCube.com, dll.

Tips dalam menulis artikel di article dorectory :
- Daftarkan diri anda di beberapa article directory, juga bisa membuat beberapa akun di satu article directory
- Tulis artikel yang panjangnya antara 400 sampai dengan 600 kata yang berkaitan (relevan) dengan produk atau topik dari produk ClickBank yang ingin anda promosikan. Bisa ulasan produk, dukungan produk ataupun testimonial (bisa seolah-olah anda sudah memakai produknya).
- Buat judul artikel yang kontroversional untuk menarik perhatian pembaca sehingga mereka tertarik untuk melihat lebih dekat artikel yang anda buat.
- Anda bisa berkomentar pada artikel anda dengan menggunakan akun anda yang lain. Ini dimaksudkan untuk ‘memancing’ member lain untuk ikut berkomentar pada artikel anda.

5. Komentar di blog/situs orang lain
Sempatkan waktu luang anda untuk “jalan-jalan” ke blog orang lain. Berilah komentar di blog orang lain pada artikel yang sesuai dengan tema produk yang kita promosikan. Jangan lupa menuliskan alamat web anda pada kolom ‘website’.

Tips berkomentar di blog orang lain :
- Berilah komentar ibarat seorang ahli
Tujuan berkomentar selain untuk mendapatkan backlinks, juga untuk menarik perhatian pengunjung lain untuk mengunjungi web/blog anda. Maka dari itu komentar Anda harus berkualitas. Dalam berkomentar sertakan solusi yang jelas dan tepat, Sehingga pengunjung blog lain akan tertarik dengan jawaban anda yang keliahatanya 'ahli' di bidang tersebut.
- Komentar yang tidak nyambung hanya akan merugikan anda dan bisnis Anda sendiri. Berkomentarlah dengan relevan dan sopan.
- Hindari untuk berkomentar secara massal terutama dengan bantuan software otomatis.

- Jangan menempatkan link anda terlalu sering. Hal ini bisa membuat pemilik blog tidak akan menampilkan komentar anda karena kecurigaan blognya hanya digunakan untuk berpromosi.

6. Video
Situs-situs video online seperti Youtube, Viddler, dll semakin populer di kalangan pengguna internet. Hal ini bisa anda manfaatkan untuk mempromosikan link anda.
Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan video marketing tentunya sudah tidak mengalami kendala berarti. Tapi untuk para affiliasi yang belum pernah menjalankan promosi melalui Youtube mungkin akan merasa sedikit bingung.
Saya sendiri sebagai seorang pemula masih bingung dengan pembuatan video ini, masalahnya harus berbahasa inggris . . . hehe
Walaupun saya sudah menguasai caranya, tapi di sini saya belum bisa berbagi karena saya sendiri belum pernah mencoba membuat video sendiri. Yang saya lakukan selama ini hanya mengambil video dari situs vendor dan menampilkannya kembali di Youtube.
Anda bertanya lagi kepada para professional untuk hal ini. Atau kalau hanya sekedar caranya saya bersedia berbagi, silakan kirim email anda ke wep4ever@gmail.com (maaf, khusus pemula).

7. File Power Point
Banyak cara yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk clickbank. Salah satu cara yang tergolong mudah dilakukan adalah dengan membuat file presentasi menggunakan aplikasi Microsoft Power Point dan meng-upload-nya ke www.slideshare.net
Tulis kalimat-kalimat promosi anda di dalamnya. Gunakan pola menulis artikel blog sperti yang telah kami jelaskan di bagian awal panduan strategi promosi ini untuk memastikan promosi anda cukup kuat untuk aspek psikologis calon konsumen.
File presentasi tidak harus menggunakan gambar yang terlalu banyak, simpel pun tidak masalah. Gunakan ukuran font yang mudah dibaca, tidak terlalu besar atau terlalu kecil.
Setelah file selesai dibuat, daftarkan diri Anda di www.slideshare.net dan upload file tadi. Jangan lupa untuk menyertakan link referensi Anda di kolom 'description' yang tersedia.

8. Email Marketing / List Building
Promosi melalui email marketing merupakan metode yang paling dahsyat dalam dunia affiliate marketing dan merupakan “senjata andalan” bagi para affiliate profesional.

Buatlah terlebih dahulu beberapa artikel yang mengulas produk yang anda promosikan. Bisa ulasan produk, testimonial, dukungan produk dan alasannya, mengenukakan masalah dan penyelesaiannya, dll.
Gunakan jasa autoresponder professional seperti getresponse.com, aweber.com, icontact.com, dll. Atau anda juga bisa menggunakan jasa auto responder gratis namun cukup professional yaitu listware.com. Silakan anda daftarkan diri anda disalah satu autoresponder di atas.

Untuk memulai promosi lewat email pastinya Anda membutuhkan daftar email terlebih dahulu. Daftar email ini bisa Anda dapatkan dengan membuat kolom opt-in di blog Anda. Kolom opt-in tersebut adalah kolom tempat pengunjung Anda menuliskan nama dan alamat email mereka. Bila Anda menggunakan jasa autoresponder maka nama dan alamat mereka langsung terekam di database akun Anda.

Pasang artikel yang telah anda tulis pada autoresponder pilhan anda, maka secara otomatis artikel tersebut akan terkirim berdasarkan rentang waktu yang anda tentukan kepada calon prosepek anda yang sudah menuliskan nama dan email mereka di kolom opt-in yang anda pasang di blog anda

Saran : anda bisa memberikan 'hadiah' untuk menarik minat pengunjung blog Anda mengisi kolom opt-in. Hadiah yang Anda berikan bisa berupa ebook, aplikasi gratis, file audio atau yang lainnya. Dengan 'hadiah' seperti ini maka akan lebih menarik pengunjung blog anda mengisi kolom opt-in.

9. PPC (Pay Per Click)
Bila Anda belum memiliki pengalaman sebelumnya dengan program periklanan PPC seperti misalnya Google AdWords, saya tidak menyarankan anda untuk menjalankan metode promosi yang satu ini. Untuk memaksimalkan promosi lewat program PPC dibutuhkan keahlian untuk bereksperimen dengan berbagai pengaturan yang cukup rumit untuk pemula.
Bila Anda memiliki dana yang cukup Anda tentu bisa belajar menggunakan PPC (kami sarankan Google AdWords) karena metode promosi ini kelak bisa anda gunakan untuk mempromosikan bisnis apapun yang anda jalankan di internet.
Berpromosi menggunakan PPC memang membutuhkan biaya dan keahlian, tapi hasil yang didapatpun bisa sangat potensial dan memberikan banyak profit.
Jika anda serius membangun bisnis anda di affiliate clickbank dan ingin menggunakan PPC sebagai sarana berpromosi, anda bisa pelajari strategi jitunya DI SINI.

Di sana anda akan mempelajari cara menentukan kata kunci yang tertarget untuk produk yang anda promosikan plus biaya per click (harga bidding) yang sangat murah.

10. Berbagi pengalaman
Bagi saya pribadi yang masih sangat pemula di bisnis affiliate clickbank, melakukan promosi adalah hal tersulit yang harus saya lakukan. Tapi dengan bekal keyakinan bahwa saya ‘bisa’, maka saya terus mempelajari dan mempraktekan setiap pelajaran yang saya dapat dari para affiliate professional

Dia awal menuliskan artikel ‘Strategi promosi’ ini saya sempat menuliskan bahwa saya mendapatkan komisi pertama dari clickbank dengan tanpa mengeluarkan biaya promosi sama sekali, dan itu memang benar adanya. Alasannya karena saya tidak mempunyai modal untuk biaya promosi secara professional.
Rencana saya akan terus berusaha dan bekerja keras untuk mendapatkan hasil dari clickbank dan kalau dapat komisi akan saya kumpulkan untuk membiaya bisnis affiliate ini agar mendapatkan hasil yang lebih besar.

Anda ingin tahu cara saya berpromosi selama ini (gratis) dan rencana saya selanjutnya?. Ini dia :
-Saya rajin mencari dan mencari artikel yang berhubungan dengan produk dan affiliate clickbank menggunakan search engine, lalu saya simak dan langsung praktek bila memungkinkan.
-Saya membuat blog (blogspot) dan script/template gratisan yang terkesan premium dan professional. Bisa anda cari di search engine.
-Isi/konten untuk blog, artikel dan opt-in news letter saya mencari (di search engine) dan mengumpulkan banyak artikel yang berhubungan dengan produk yang saya promosikan lalu saya ‘potong-potong’/ambil beberapa bagian dari tiap artikel yang saya dapatkan lalu saya sambungkan tiap bagian itu sehingga tampak seperti sebuah artikel baru bukan hasil dari ‘nyontek’ . . . hehe
-Saya sengaja memasukkan nama (samaran tentunya) dan email ke dalam kolom opt-in landing page sebuah produk sehingga saya mendapatka email follow-up. Bukan maksud untuk membeli tentunya, tapi untuk mengetahui cara orang lain membuat email marketing dan mem-followup prospeknya. Sah-sah saja kan?
-Saya mendaftarkan diri di ratusan situs pemasang iklan gratis luar negeri dan menyebar iklan saya di situs-situs tersebut. Cara ini butuh keuletan tentunya, tapi hasilnya lumayan. Kebanyakan situs-situs iklan tersebut menampilkan data statistic kunjungan ke iklan yang kita pasang, jadi kita bisa tahu potensinya.

Cara-cara tersebut adalah cara saya pribadi sehubungan dengan keterbatasan dana yang saya miliki. Sama sekali bukan untuk mengajarkan anda menjalankan bisnis affiliate ini dengan gratisan, hasilnya sama sekali tidak akan maksimal. Walaupun ada peningkatan hasil, itu membutuhkan waktu lama.

Saya hanya memberikan motivasi kepada pemula yang baru mengenal bisnis affiliate clickbank dengan modal terbatas, agar tidak terbebani dengan ‘cara-cara profesional’ yang mungkin akan memberikan pemikiran bahwa bisnis affiliate clickbank modalnya harus banyak.
Jangan pernah ragu untuk melangkah!, saya sudah membuktikan bahwa langkah awal bisa dengan sedikit modal bahkan tanpa modal pun (koneksi internet tetap harus) bisa menjalankan bisnis affiliate clickbank, yang tentunya untuk kedepannya kita perlu peningkatan modal untuk lebih memaksimalkan bisnis ini bila kita ingin jadi seorang professional.

Demikian strategi promosi produk affiliate clickbank yang bisa saya sampaikan yang mana kesemuanya itu sebagian besar dari pengalaman pribadi.

Setiap affiliate tentunya punya cara dan strategi masing-masing dalam menjalankan bisnis affiliate clickbank ini. Gali terus informasi yang anda butuhkan dengan rajin-rajin mengunjungi search engine, pelajari lebih dalam dan prektekkan setiap ilmu yang anda dapat, maka andapun bisa menjadi seorang professional dengan penghasilan yang tak terbatas.