Fahri Hamzah: Kubu Jokowi Bisa Jadi Penonton Saat Rapat Komisi

Fahri Hamzah: Kubu Jokowi Bisa Jadi Penonton Saat Rapat Komisi
kotabontang.net - Fahri Hamzah: Kubu Jokowi Bisa Jadi Penonton Saat Rapat Komisi, Lima fraksi hingga kini belum menyerahkan nama-nama anggota di komisi dan alat kelengkapan dewan. Meskipun DPR telah mengagendakan rapat lanjutan mengenai penyerahan nama anggota di komisi.

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menuturkan lima fraksi yang telah menyerahkan nama-nama anggota di komisi sudah dapat bekerja. Sementara, lima fraksi yang belum, tidak bisa bekerja dan hanya menjadi penonton saja.

"Kelima fraksi itu sekarang tidak boleh rapat AKD karena bukan anggota namun nonton boleh sama seperti wartawan," ujar Fahri di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (23/10/2014).

Diketahui fraksi yang belum menyerahkan nama yakni Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Fraksi Hanura, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Fraksi Partai Nasdem. Mereka tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH) pendukung Jokowi. Satu fraksi yang juga belum menyerahkan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Fahri mengatakan komis bisa tetap berjalan dengan dipimpin pimpinan sementara. Ia menjelaskan pimpinan komisi dan alat kelengkapan dewan sementara itu bisa diambil dari pimpinan DPR.

Contohnya, Wakil Ketua DPR Agus Hermanto memimpin Komisi IV, V, VI, dan VII. Fahri Hamzah dapat memimpin Komisi VIII, IX, X, Badan Urusan Rumah Tangga (BURT), dan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Lalu, Fadli Zon memimpin Komisi I, II, III.

"Menurut saya, lima fraksi itu sudah 100 persen, bahkan hitungannya tiga fraksi itu sudah quorum. Ada juga pandangan yang bilang kuorum itu harus 10 fraksi, saya bilang kok gitu? Yang sudah setor kan lima fraksi. Ini kan Dewan harus kerja," ujarnya.
-TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -