Festival Mahakam 2014 Di Selenggarakan November

kotabontang.net - Event tahunan yang dilaksanakan Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Koiminfo  (Disbudpar kominfo) Kota Samarinda berupa Festival Mahakam 2014 selain menampilkan lomba  masak khas daerah juga menampilkan seni budaya nusantara.

“Menampilkan  seni budaya nusantara sebagai wujud dan bentuk pelestarian budaya yang perlu dilestarikan karena  dimasyarakat  mulai ditinggalkan sehingga perlu dibangkitkan kembali,”kata  Kepala Kadisbudparkominfo kota samarinda, HM Faisal di Samarinda, Selasa (30/9).

Ia mengatakan puncak Festival Mahakam ke-14 akan berlangsung  pada 1 hingga 2 November 2014, namun sejumlah kegiatan sudah dilakukan mulai  akhir   Oktober 2014," kata Faisal.

Faisal menjelaskan  festival Mahakam akan  lebih meriah dengan penampilan budaya nusantara yang akan melakukan pawai atau kirab  disepanjang  Tepian Mahakam , jalan Gajah Mada  Samarinda sebagai pusat kegiatan. 


Selain itu juga dilokasi yang sama  diadakan lomba berenang menyeberangi Sungai Mahakam, serta lomba masak  khas nusantara serta lomba tari kreasi daerah.

Menurutnya lomba tari kreasi daerah  itu dibagi  tiga kategori yakni kategori tari pesisir, tari pedalaman dan tari jepen  untuk tingkak  Sekolah Dasar (SD) yang diikuti sejumlah  sanggar tari dari  beberapa daerah di Kaltim.

Kehadiran beberapa sanggar tari dari kabupaten dan kota lain, sebagai titik awal sebelum menuju "NasionalEevent" pada tahun  2015.  "Memang kali ini kami menggelar kategori tari Jepen tingkat SD untuk pelestarian dan mendukung pengembangan kegiatan ekstra seni budaya di sekolah-sekolah," katanya.

Faisal menambahkan pada festival Mahakam 2014 juga menampilkan  festival Sampe & Student Clinik sebagai upaya  mengangkat kembali musik sampe  dan mengajarkan secara singkat kepada pelajar. Musik  sampe  nantinya  akan berkaloborasi dengan jenis musik lain seperti pop akustik  serta  jazz.

Sekadar diketahui bahwa musik sampe adalah salah satu alat musik tradisional suku Dayak di Kalimantan Timur  yang dimaikan dengan cara dipetik. (*)
-Samarinda (ANTARA Kaltim)-