Spesifikasi dan Desain Kawasaki Ninja H2R - Harga

Kawasaki Ninja H2R
kotabontang.net - Spesifikasi dan Desain Kawasaki Ninja H2R, "For a new speed experience...Ninja H2 , built beyond belief", itulah potongan kata yang hadir menghiasi video teasernya kali ini. Masih mengacu kuat pada spek mesin supercharged, H2 disinyalir kuat akan mampu menghasilkan tenaga sebesar 225 hp dengan putaran mesin tembus angka 14.000 rpm. Wacana dalam forum Ninja H2 memprediksi tenaga seberingas itu dihasilkan oleh ruang pembakaran berkubikasi 1000cc.

Kawasaki baru saja membuat gebrakan di dunia otomotif roda dua dunia dengan merilis Kawasaki Ninja H2R di ajang Intermot 2014 yang diselenggarakan di Jerman dari 1-5 Oktober mendatang.


Dengan dirilisnya Kawasaki Ninja H2R ini juga langsung mengungkap kedahsyatan mesin, power, serta kecepatan motor ini nantinya. Ninja H2R diketahui mengusung mesin berkapasitas 998cc supercharged yang mampu menghasilkan power hingga 300 HP. Power ini sendiri jauh melebihi power motor prototype di ajang MotoGP yang memiliki power di kisaran 230 HP.

Penasaran dengan Kawasaki Ninja H2R yang diklaim bakal jadi motor tercepat di dunia ini? Berikut ulasan selengkapnya.

Desain
Dari segi desain, Kawasaki Ninja H2R ini memang hadir dengan kesan garang dengan garis tegas hampir di setiap bagian motornya.

Desain Kawasaki Ninja H2R

Mengusung konsep single-seater, motor ini memang dibuat untuk para pemuja kecepatan. Untuk mencapai tujuan tersebut, Kawasaki tak tanggung-tanggung untuk menggunakan bahan karbon fiber yang kuat namun ringan di seluruh bagian bodinya.

Bisa menghasilkan tenaga puncak 300 HP dan melesat hingga 320km/jam, sektor aerodinamika juga sangat diperhatikan oleh Kawasaki. Bahkan pabrikan asal Jepang ini sengaja menggandeng Aerospace Company untuk memaksimalkan sektor aerodinamika di Ninja H2R. Hasilnya adalah motor ini dilengkapi fairing bersayap untuk memaksimalkan down-force dari tekanan angin.

Selain itu Kawasaki H2R ini juga dilengkapi air-duck yang besar di bagian depan bodinya guna menangkap sebanyak mungkin udara untuk dialirkan ke supercharger yang diusungnya.

Mesin

Dari sektor mesin, Kawasaki Ninja H2R ini hadir dengan mengusung mesin 998cc 16-valve 4 silinder inline yang mampu menghasilkan tenaga hingga 300 HP dengan putaran mesin dibatasi di 12.000 rpm. Kawasaki Ninja H2R ini bisa menggapai kecepatan maksimal hingga 320km/jam.


Mesin 998 cc ini sebenarnya menghasilkan tenaga murni sebesar 215 HP. Namun tenaga motor ini bisa mencapai 300 HP berkat dukungan supercharger yang biasanya umum digunakan di supercar.

Dengan mengusung 4-silinder inline ditambah hadirnya supercharger, diklaim motor ini bakal menghadirkan sensasi akselerasi yang beda dan belum pernah dirasakan rider manapun di dunia. Selain itu, Kawasaki juga menyebutkan jika suara Kawasaki Ninja H2R ini juga akan berbeda dari motor sport yang sudah beredar di pasaran.
Teknologi dan Spesifikasi


Selain mengusung supercharger berjenis centrifugal untuk meningkatkan performa, Kawasaki Ninja H2R ini juga dilengkapi beberapa teknologi untuk memastikan motor ini bisa dikendalikan dan berhenti kala dipacu di jalanan.

Dari segi elektronik, Ninja H2R telah dibekali traction control KISS dan steering damper control serta quickshifter, selain itu suspensinya pun sudah menggunakan sistem semi/full elektronik.


Sasis dan Kaki-Kaki

Uniknya, meski bakal menjadi motor sport kelas wahid, namun Kawasaki memutuskan untuk menggunakan tipe sasis tralis baja.


Kawasaki sendiri menyebutkan jika penggunaan sasis tralis ini sendiri dikarenakan Ninja H2R butuh fleksibilitas agar motor sport ini tak cuma garang di lintasan lurus saja namun juga tetap bisa stabil kala berbelok.

Sasis ini ditunjang dengan hadirnya roda tapak lebar khas motorsport dari Bridgestone. Kawasaki Ninja H2R ini menggunakan ban V01 slick 120/600/17 di bagian depan dan V01 slick 190/650/17 untuk roda belakang.

Varian

Kawasaki memilih untuk merilis Ninja H2R terlebih dahulu yang sejatinya merupakan varian racing yang hanya bisa digunakan di sirkuit saja. Nantinya pemilik Kawasaki Ninja H2R ini juga harus memiliki sertifikat khusus untuk bisa mengendarai motor sport ini.


Sedangkan, Kawasaki juga bakal menghadirkan versi jalanan dari motor ini dengan nama Kawasaki Ninja H2 yang diperkirakan bakal dipangkas tenaganya hingga 80 HP dari versi racingnya.

Harga

Untuk harganya sendiri, diperkirakan jika Kawasaki Ninja H2 atau versi jalanan akan dibanderol dengan harga sekitar 20.000 Euro atau sekitar Rp 300 juta.

Nantinya Kawasaki Ninja H2 ini bakal bersaing dengan Suzuki Hayabusa dan Ducati Superleggera sebagai motor sport paling kencang di dunia otomotif saat ini.