Gubuk Mewah Keren Di Pegunungan Alpen Swiss

kotabontang.net - Sebuah rumah yang terletak di lereng pegunungan Alpen di kawasan Linescio, Swiss, telah menyematkan level baru pada ungkapan usang don't judge a book by its cover.

Buku memang lebih sering dinilai dari kualitas sampulnya. Sampul yang buruk dipersangkakan buruk pula isinya. Padahal tidak selamanya demikian. Kadangkala, buku bersampul indah cemerlang justru cuma berisi kekonyolan.

Pula begitu rumah ini. Dibangun 200 tahun lalu, sindikasi arsitek yang berkedudukan di Basel, Buchner Brundler Architekten, melakukan rekonstruksi menakjubkan. Mereka melakukan perubahan total pada interior rumah. Memberinya sentuhan perpaduan batu dan kayu dengan pendekatan lebih modern, termasuk menyematkan teknologi-teknologi seperti air panas, jacuzzi, gas, dan listrik dari cahaya matahari.






Uniknya, renovasi yang dimulai pada awal tahun 2012 dan selesai pada pertengahan 2013, ini disengaja hanya menyentuh interior. Sedangkan eksterior, sama sekali tak disentuh. Buchner Bründler Architekten sekadar melakukan pembersihan dan perbaikan. Bagian-bagian yang tak utuh atau rusak, diganti dengan bahan-bahan yang kurang lebih sama.



Kerja rekonstruksi unik pada rumah yang kemudian diberinama Casa d'Estate ini, menurut Buchner Brundler Architekten sebagaimana dipapar dalam laman mereka, diganjar dengan penghargaan bergengsi, The Beton Architecture Prize. Rumor beredar, sejumlah selebriti Inggris dan Amerika telah mengajukan penawaran untuk membeli gubuk ini.