Masya Allah, ini Manfaat Semangka Mengalahkan Minuman Berenergi

kotabontang.net - Pada suasana panas seperti sekarang, mengonsumsi buah semangka dapat menjadi solusi kesegaran tubuh. Buah semangka bukan hanya membuat segar, namun ternyata buah semangka memiliki nutrisi yang tinggi.

Dalam satu gelas semangka yang berisi 46 kalori, semangka menyediakan 20 persen vitamin C dan 17 persen vitamin A.

Berikut beberapa kelebihan semangka:

1. Mengandung Lycopene lebih banyak dari Tomat
Hanya dengan 1 gelas semangka, mengandung 1,5 lebih banyak lycopene dibandingkan tomat segar, 6 mg dibandingkan dengan 4 mg. Lycopene bekerja sebagai antioksidant, yang berfungsi untuk melindungi daya tahan tubuh.

2. Meringankan Nyeri Otot
Sebuah studi dari Spanyol yang dipublikasikan dalam the Journal of Agricultural and Food Chemistry, mengungkapkan bahwa jus semangka dapat menghilangkan nyeri otot setelah berolahraga. Yang dapat menyebabkan hal ini adalah kandungan citrulline yang ada di dalam semangka.

3. Mengandung Air yang Banyak
Semangka memiliki kemampuan hidrasi yang sangat tinggi. Air yang terkandung dalam semangka mencapai 91%. Bila kita ingat-ingat dehidrasi sangat buruk untuk tubuh karena dapat menimbulkan berbagai gejala seperti nyeri kepala, buruknya kosentrasi, kelelahan dan gangguan perasaan (mood). Jadi semangka sangat baik dikonsumsi saat Anda sedang dehidrasi.(klikdokter.com)