Resmi, Apple Watch Ada 2 Ukuran dan Bisa Telepon

kotabontang.net - Apple akhirnya merilis peranti jam tangan pintarnya (smartwatch) secara resmi dalam sebuah acara pada Senin (9/3/2015) di Yerba Buena Center for the Arts di San Francisco, AS.

"Apple Watch menjadi perangkat paling personal yang pernah dibuat Apple, bukan hanya untuk dibawa, namun juga dipakai penggunanya," demikian ujar CEO Apple, Tim Cook saat membuka presentasinya.

Apple Watch tersedia dalam dua ukuran, yaitu 38 mm dan 42 mm dan tiga model, yaitu Sport, Regular, dan Edition.

Apple Watch versi Sport, unit arlojinya terbuat dari bahan aluminum alloy dan talinya dari bahan yang tahan benturan dengan dua pilihan warna, silver dan abu-abu.

Untuk versi Regular, unit arloji menggunakan berbahan stainless steel dengan beberapa variasi bahan tali dengan dua pilihan warna, silver dan hitam.

Sedangkan versi Edition, unit arlojinya berbahan emas 18 karat dengan dua pilihan warna, rose dan yellow.


Yang menarik, pengguna Apple Watch juga bisa menerima panggilan telepon menggunakan jam tangan pintar Apple ini dengan memanfaatkan fitur mikrofon yang ada di dalamnya.

Fitur lain, pengguna bisa menambah banyak detil di layar jam tangan mereka, seperti widget custom untuk Calendar dan StopWatch.

Apple Watch mengusung teknologi Apple baru yang disebut Digital Touch. Dengan teknologi ini, pengguna bisa menggambar atau menulis pesan di layar jam tangan mereka dan bisa ditampilkann di layar jam tangan teman secara sama persis.

Mereka juga bisa menambahkan teman dengan hanya menekan tombol di sisi samping smartwatch. "Anda pasti akan terpana dengan fitur digital touch ini, ini adalah cara baru berkomunikasi," ujar Tim Cook.

Apple Watch juga, disebut Cook, memiliki beberapa sensor kesehatan yang terintegrasi di dalamnya. Bahkan, jam tangan pintar ini bisa mengingatkan seseorang jika duduk terlalu lama.

Perangkat tersebut juga bisa membuat rangkuman laporan kesehatan di setiap akhir minggu. "Seperti memiliki pelatih pribadi di pergelangan tangan," kata Cook.

Sementara Kevin Lynch, Vice President Technology Apple dalam presentasinya menjelaskan, semua notifikasi dalam iPhone bisa diterima dalam Apple Watch.

Fitur asisten digital Siri juga didukung dalam Apple Watch. Pengguna bisa mengaksesnya dengan menekan tombol crown jam tangan di sebelah kanan.

Selain itu, Lynch juga menjelaskan Apple Watch juga bisa dipakai untuk melakukan berbagai pembayaran dan bahkan memiliki fitur untuk membuka pintu.-- kompas tekno --