Wali Kota Bontang janjikan kemudahan izin investasi

kotabontang.net - Wali Kota Bontang, Kalimantan Timur, Adi Darma berjanji akan mempermudah pemberian izin investasi atau penanaman modal di daerah itu.

"Pada 2015, terdapat enam proyek investasi yang masuk ke Kota Bontang, ada yang sudah dalam proses perizinan dan sebagian masih tahap kajian. Ini menunjukkan, iklim investasi di daerah ini tergolong sehat dan kami akan mempermudah perizinan bagi para investor," kata Adi Darma di Bontang, Minggu.

Investasi yang akan masuk pada 2015, kata Adi Darma yakni, pembangunan industri bahan bakar gas (BBG) di Bontang Lestari oleh PT Alesco, pembangunan "power plant" berkapasitas 2X100 MW oleh Graha Power di Kelurahan Bontang Lestari, Kecamatan Bontang Selatan.

Proyek lainnya lanjut Adi Darma adalah, rencana pembangunan dua pabrik pupuk baru oleh PT Pupuk Kaltim (PKT), rencana pembangunan mal dan hotel, pembangunan SPBU di Kilometer 3, Kelurahan Belimbing Barat serta kelanjutan megaproyek pembangunan kilang pengolahan minyak/refinery berkapasitas 350.000 barel per hari juga di Bontang Lestari.

Ia optimistis dari enam rencana proyek tersebut, dua proyek yang akan terwujud tahun 2015, yakni pembangunan SPBU di KM 3 Bontang Barat dan pembangunan dua pabrik pupuk oleh PT Pupuk Kaltim.

"Pembangunan SPBU sudah dalam proses pembebasan lahan bahkan saat ini dalam tahap land clearing atau pematangan lahan, bahkan kami telah izin sehingga saya yakin tahun ini sudah bisa dibangun," katanya.

"Begitu pula dengan rencana pembangunan dua pabrik pupuk, pihak manajemen PKT sudah melaporkan kepada saya dan biasanya mereka (PKT) ini tidak pernah molor kalau merencakan sebuah proyek," ungkap Adi Darma.

Proyek lain yang juga diharapkan terlaksana pada 2015 tambah dia yakni, pembangunan industri BBG dan power plant berkapasitas 2 X100 MW di Bontang Lestari.

Saat ini, kata Adi Darma, proses perizinan pembangunan industri BBG tinggal menunggu persetujuan Amdal (analisis mengenai dampak lingkungan) dari Provinsi Kaltim.

"Sementara, untuk power plant masih menunggu kepastian dari pemerintah pusat," katanya.

"Intinya, pemerintah memberikan kemudahan dalam proses perizinan bagi setiap investor yang akan menanamkan modal di Bontang. Untuk PT Alesco dan power plant, lahan dan izin prinsipnya sudah kami keluarkan. Jadi tinggal menunggu mereka bekerja," kata Adi Darma.
--Bontang (ANTARA News) -