10 Cara Sederhana Usir Kantuk yang Mendera pada Siang Hari

kotabontang.net - Rasa kantuk merupakan sinyal dari tubuh yang paling sulit untuk ditahan. Bahkan beberapa orang yang tak bisa lagi menahannya ditemukan terkapar di tempatnya karena tertidur pulas.

Entah itu sedang mengikuti pelajaran di kelas, mendengarkan pidato, atau duduk di kendaraan umum, rasa kantuk selalu mudah untuk meninabobokan siapapun yang diserangnya.

Tak peduli apakah Anda telah tidur cukup semalaman, tidur tidak nyenyak, atau bahkan tidak tidur sama sekali, rasa kantuk selalu datang tak kenal waktu.

Sangat sulit memang untuk tetap terjaga sementara tubuh Anda seperti berteriak meminta tidur. Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melawan rasa kantuk saat diperlukan, seperti dikutip dari Health Me Up.

1. Sinar matahari

Sinar matahari yang alami adalah sebuah pengubah suasana hati yang paling efektif. Dan vitamin D yang terkandung di dalamnya dapat menjauhkan Anda dari rasa kantuk. Jika Anda merasa sulit bangun tidur di pagi hari sementara Anda harus segera bersiap pergi, buka saja jendela kamar Anda dan biarkan sinar matahari menyapa dan membangunkan Anda.

2. Air

Seseorang akan merasa mengantuk, pelupa, dan pusing ketika tubuhnya kekurangan cairan. Jadi minumlah air yang cukup untuk menjaga tubuh Anda tetap terjaga dan segar. Minum air putih tak hanya menyegarkan tapi juga membantu Anda untuk tetap aktif dan waspada.

3. Sarapan

Penelitian menemukan bahwa orang yang sarapan dengan benar akan merasa lebih energik secara mental dan fisik. Para peneliti Inggris dari Cardiff University menyimpulkan bahwa semangkuk sereal yang dikonsumsi setiap pagi akan membuat produksi hormon kortisol, hormon penyebab stres, menjadi lebih rendah.

4. Berjalan

Saat rasa kantuk menyerang, jangan teruskan duduk Anda. Hal ini akan membuat Anda ingin tertidur. Berjalanlah keliling ruangan kantor Anda atau bahkan mengelilingi gedung kantor. Jika Anda sedang diburu pekerjaan, coba jalan naik turun tangga dan Anda pun bisa kembali bekerja.

5. Tarik napas dalam-dalam

Tarik napas dalam-dalam dapat membuat Anda terhindar dari rasa kantuk. Letakkan tangan Anda atau sebuah buku yang berat di atas perut. Ambil napas dalam-dalam dan biarkan perut Anda menganbang sehingga diafragma Anda meregang. Buang napas secara perlahan.

Efek dari pernapasan perut ini akan mengurangi volume rongga dada, meningkatkan tekanan udara dan mengusir udara yang mengisi rongga dada. Lanjutkan melakukan pernapasan diafragma ini dalam beberapa menit. Tarik napas dalam waktu tiga detik dan lepaskan dalam waktu enam sampai sepuluh detik.

6. Mendengarkan musik

Dengarkan musik dengan tempo cepat dan rasa kantuk akan hilang seketika. Hindari mendengarkan lagu yang slow karena alunannya akan membuai Anda ke alam mimpi.

7. Peregangan

Jika Anda mengantuk, lakukanlah peragangan. Berdiri dari kursi Anda dan lakukan peregangan setiap satu jam sekali. Selain akan menghindarkan Anda dari rasa kantuk, cara ini juga dapat memperbaiki postur Anda.

8. Mengonsumsi kafein

Konsumsi kafein dalam takaran yang sedang akan membuat Anda merasa lebih energik. Tapi jika terlalu banyak ini akan mengganggu tidur Anda saat malam dan malah membuat Anda lelah sepanjang hati berikutnya.

9. Cuci muka

Menurut Journal of Personality and Social Psychology, cuci muka dapat meningkatkan energi Anda secara ajaib.

10. Tidur sejenak

Solusi ini mungkin tidak bekerja pada beberapa orang, tapi tidur sejenak di tengah aktivitas dapat membuat Anda lebih berenergi.