3 Cara Ampuh Agar Produk UKM Laris di Twitter

kotabontang.net - Twitter menyatakan komitmennya untuk membantu para pemain usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia. Komitmen tersebut berupa layanan khusus UKM, Twitter Ads.

Managing Director Online Sales Twitter Asia Pacific, Aliza Knox, mengungkapkan bahwa Indonesia merupakan pasar global terbesar bagi Twitter dengan jutaan pengguna aktif tiap harinya.

"UKM sangat berpengaruh dalam pertumbuhan ekonomi di sebuah negara. Kami ingin menjadi bagian dari pertumbuhan (UKM) di Indonesia. Orang-orang saat ini banyak menggunakan Twitter," ujar dia di Kantor Twitter Indonesia, Kawasan SCBD, Jakarta, Selasa, 21 April 2015.

Seperti diketahui, saat ini, Indonesia berkontribusi kepada Twitter dengan menyumbang 50 juta pengguna. Sementara itu, untuk UKM, berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UKM, pasar UKM di Indonesia tumbuh pesat dalam kurun dua tahun terakhir.

Dijelaskan, ada 97 persen dari total pekerjaan yang tersedia karena keberadaan UKM. Industri tersebut mampu memberikan 60 persen produk domestik bruto (PDB) kepada Indonesia.

Untuk itu, ada tiga cara ampuh bagaimana UKM ini dapat mempromosikan produk dan jasa mereka di jejaring sosial 140 karakter ini, melalui platform layanan Twitter Ads. Menurut penuturan Knox berikut beberapa cara ampuhnya,

1. Menjalankan kampanye yang sesuai dengan sasaran

Twitter Ads dirancang untuk membantu UKM mencapai tujuan bisnis, baik untuk meningkatkan pertumbuhan dan interaksi followers yang relevan, mendorong jumlah visitor yang berkualitas tinggi ke situs web, mempromosikan aplikasi smart device, ataupun prospek baru.

Pengguna hanya perlu membayar untuk setiap aktivitas yang sesuai dengan tujuan dan kategori spesifik, sehingga dapat mendorong ROI yang tertinggi dari kampanye yang dilakukan.

2. Menjangkau target pasar yang lebih spesifik

Pelaku UKM dapat menjangkau calon pelanggan atau pembeli dengan berbagai cara berdasarkan pada wilayah demografi, minat, akun yang mereka ikuti, perangkat, dan kata kunci. Pilihan target yang andal memberi peluang untuk berinteraksi dengan pengguna Twitter yang tepat, di momen yang pas di saat bisnis pelaku UKM paling relevan untuk mereka.

3. Monitor dan analisis hasil secara real-time

Analisis tweet setiap saat dengan beranda analitik dan dasbor aktivitas tweet guna memberikan paparan data yang bisa ditindaklanjuti, baik itu tweet organik maupun berbayar, dan memungkinkan Anda untuk mempromosikan konten dengan cepat dengan kinerja terbaik.

Dasbor kampanye membantu memahami dan mengoptimalkan kampanye berbayar berdasarkan sasaran. Jika tujuan pelaku UKM adalah konversi situs web atau penginstalan aplikasi smart device, pelacakan konversi dengan mudah untuk menghitung ROI.( viva.co.id)