8 Hal yang Dilakukan Orang Sukses Sebelum Tidur

kotabontang.net - Kesuksesan dalam hidup tak hanya dimulai saat orang bangun tidur saja. Tapi juga dari hal terakhir yang dilakukan sebelum jatuh tertidur. Karena apa yang terjadi sebelum tidur seringkali sangat mempengaruhi suasana hati dan energi keesokan harinya. Apa yang dipikirkan dan dilakukan sebelum tidur juga sangat berpengaruh pada seberapa baik tidur Anda.

Orang-orang yang sukses, paham kesuksesan mereka dimulai dan diakhiri dengn kesehatan fisik dan mental mereka. Ini semua sangat tergantung pada seberapa cukup waktu tidur mereka. Ingin tahu apa saja yang mereka lakukan sebelum tidur? Berikut beberapa kegiatan mereka seperti disarikan dari Business Insider.

1. Membaca

Michael Kerr — pembicara bidang bisnis international dan penulis buku You Can’t Be Serious! Putting Humor to Work — mengatakan dia mengenal beberapa pemimpin bisnis yang punya kebiasaan ini. Mereka juga biasanya tak mau diganggu ketika sudah dalam posisi membaca untuk menjelang tidur.

“Mereka tidak hanya membaca buku bisnis atau inspirasional. Banyak orang sukses yang mencari sumber informasi lain, karena mereka percaya ini akan memperluas kreativitas mereka dan renjana mereka dalam hidup,” kata Kerr.

Contohnya beberapa orang sukses malah membaca novel fiksi, filosofi kuno, Twitter, Reddit, hingga cerita-cerita ringan lain.


2. Membuat daftar yang harus dilakukan

“Membersihkan pikiran sebelum tidur malam sangat penting bagi banyak orang sukses,” kata Kerr.

“Seringkali mereka, para orang sukses menggunakan saat sebelum tidur untuk mendaftar apa yang akan mereka lakukan esok hari. Jadi rencana-rencana itu tak perlu berputar di otak mereka selama waktu tidur dan mereka bisa istirahat lebih baik.”

3. Menghabiskan waktu bersama keluarga

Michael Woodward, Ph.D., psikolog organisasi dan penulis buku The YOU Plan mengatakan “penting meluangkan waktu untuk berbincang dengan pasangan Anda, bicara pada anak-anak dan dengan hewan peliharaan Anda.”

Laura Vanderkam, penulis What the Most Succesful People Do Before Breakfast, mengatakan, kebiasaan berkumpul dengan keluarga ini sangat biasa dilakukan oleh sejumlah orang sukses.

“Saya menyadari tidak semua orang bisa pergi tidur berbarengan dengan pasangan mereka, tapi jika mungkin, ini adalah cara yang hebat untuk berhubungan dan membicarakan tentang kegiatan Anda seharian.”

4. Merefleksikan kejadian seharian

err mengatakan banyak orang sukses yang mengambil waktu menjelang tidur untuk merenung dan merefleksikan apa yang terjadi sepanjang hari itu. Ada pula yang mengingat tiga hal baik yang layak disyukuri pada hari itu.

“Membuat jurnal tentang segala hal yang patut disyukuri mengingatkan orang akan aspek dalam hidup yang bisa membuat mereka terus termotivasi. Terutama ketika melewati masa-masa penuh tantangan.”

Vanderkam menambahkan, “Mengambil waktu untuk berpikir tentang apa yang telah berlangsung dengan lancar di hari itu akan membuat suasana hati lebih positif dan penuh syukur. “

5. Bermeditasi

Banyak orang sukses yang menggunakan 10 menit sebelum tidur untuk bermeditasi. Dale Kurow, pelatih para eksekutif mengatakan meditasi sebelum tidur sangat baik untuk membuat tubuh dan pikiran bisa lebih santai menjelang tidur.

6. Merencanakan waktu tidur

“Banyak artikel yang ditulis tentang bahaya orang yang sibuk tapi kekurangan waku tidur secara kronis. Namun beberapa orang sukses yang saya kenal, justru membuat prioritas waktu tidur untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Ini memang tantangan untuk orang sibuk dan penggila kerja.”

Vanderkam lebih jauh mengatakan jika Anda bisa membuat jadwal tidur dan menepatinya Anda akan bisa bangun lebih segar saat terjaga. “Hal paling buruk yang dilakukan adalah terjaga di malam hari dan malah tertidur di dini hari,” katanya.

“Manusia cenderung punya kemauan yang terbatas. Kenapa harus menghabiskan waktu untuk adu argumentasi dengan diri sendiri tentang kapan Anda akan bangun karena masih mengantuk akibat tidak taat waktu saat berangkat tidur?”


7. Mematikan semua benda yang terhubung dengan pekerjaan.

Berbeda dengan anggapan umum orang yang sukses tidak menghabiskan 24 jam waktunya hanya untuk memantau pekerjaannya. Bahkan banyak orang sukses yang mematikan semua alat yang berhubungan dengan pekerjaan saat tidur, kata Kerr.

Mereka tidak secara obsesif memeriksa email, tidak pula berkutat terus menerus dengan pekerjaan. “Hal buruk terakhir yang Anda butuhkan menjelang tidur adalah memikirkan email yang baru saja Anda baca, dari bos Anda yang menghabiskan sebagain besar waktu terjaga mereka untuk membuat permintaan yang bukan berdasarkan kebijakan mendalam.”

Beri waktu pada tubuh Anda antara waktu terakhir membaca email dengan saat menjelang tertidur. Idenya adalah agar saat Anda merebahkan diri, kepala Anda sudah jernih dari pekerjaan dan sepenuhnya siap untuk beristirahat.


8. Membayangkan kesuksesan esok hari.

Banyak orang sukses yang mengambil waktu beberapa menit sebelum tidur untuk memvisualisasikan hal-hal positif yang akan terjadi esok hari dalam karir mereka, kata Lynn Taylor, ahli dunia kerja dan penulis buku Tame Your Terrible Office Tyrant: How to Manage Childish Boss Behavior and Thrive in Your Job.

Namun orang sukses tidak melakukannya karena suatu kewajiban yang harus dilakukan. Mereka melakukannya diantaranya untuk merasa lebih rileks menjelang tidur. 
Sumber : cnnindonesia.com