Bahaya Sering Menggunakan Obat Kumur Mengerikan Bro

kotabontang.net - MENGGUNAKAN obat kumur setelah menggosok gigi adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah plak dan membuat napas lebih segar. Namun peneliti memperingatkan bahwa terlalu sering menggunakan obat kumur juga tidak baik.

Penelitian terbaru menemukan bahwa menggunakan obat kumur atau mouthwash lebih dari tiga kali sehari bisa meningkatkan risiko kanker mulut dan kanker tenggorokan.

Peneliti menyarankan agar Anda tidak terlalu menggantungkan diri dengan mouthwash dan lebih memilih menggosok gigi atau menggunakan dental floss.

"Selain penggunaan mouthwash, kesehatan mulut yang buruk juga berpengaruh terhadap naiknya risiko terkena kanker mulut dan kanker tenggorokan," kata peneliti di University of Glasgow Dental School, Dr. David Conway, seperti dilansir laman Daily Mail, Rabu (15/4).

Hasil penelitian ini mendukung penelitian tahun 2009 di Australia. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa alkohol yang terdapat pada mouthwash bisa meningkatkan risiko kanker mulut. Hal ini karena alkohol akan menyebabkan zat penyebab kanker masuk ke mulut lebih mudah.

Penelitian terbaru ini didapatkan setelah mengamati 1.962 pasien kanker dan 1.993 orang yang sehat di sembilan negara. Diketahui bahwa mereka yang memiliki kesehatan mulut yang buruk dan sering mengalami gusi berdarah dan gigi berlubang lebih berisiko terkena kanker mulut.

Meski begitu peneliti tidak menyarankan Anda untuk benar-benar berhenti menggunakan mouthwash. Obat kumur itu bisa digunakan sesekali namun tidak terlalu sering.

Peneliti menyarankan untuk melakukan metode lain seperti menggunakan dental floss untuk menjaga kesehatan mulut.(fny/jpnn)