Dari Mana Aroma Tubuh Bayi Berasal?

kotabontang.net - Salah satu daya tarik bayi yang baru lahir sehingga membuat orang jatuh hati, yakni karena mereka menggemaskan dan lucu.

Selain itu, bayi juga memiliki bau yang khas sehingga membuat orang betah berlama-lama berada di dekat mereka.

Aroma tubuh bayi merupakan salah satu aroma paling indah di dunia. Sebenarnya, dari manakah bau itu berasal?

George Preti, Ph.D., seorang ahli kimia dari Monell Chemical Senses Center di Philadelphia mengatakan bahwa aroma harum bayi berasal dari bahan kimia yang dikeluarkan kelenjar keringat bayi.

Bau khas bayi rupanya menjadi media komunikasi sekaligus sarana untuk membentuk ikatan antara sang bayi dengan ibunya.

"Bau membantu ibu mengenali bayinya dan membentuk ikatan dengan anak-anak mereka," kata Preti.

Namun, bau tersebut hanya berlangsung beberapa minggu. Hal itu bisa dipengaruhi oleh metabolisme bayi yang berubah ketika bayi mulai makan dan minum, serta tidak lagi mendapatkan asupan ASI (air susu ibu).

Preti menambahkan, aroma khas bayi bisa berasal dari keputihan yang melapisi kulit bayi yang baru lahir.

Penelitian bahkan telah menunjukkan bahwa ketika seorang ibu mencium aroma bayinya, pusat kesenangan pada otak akan menyala.

Helen Fisher, seorang antropolog biologi dan profesor di Rutgers University di New Jersey mengatakan bahwa bau bayi yang baru lahir bukanlah satu-satunya alasan mengapa Anda mencintai dan ingin merawat mereka.

Namun, banyak ciri khas bayi seperti mata besar dan kulit kemerahan, juga menjadi daya tarik yang melekat pada bayi sehingga Anda berkeinginan selalu dekat mereka.

"Seorang bayi sangat rentan, dan jika kita tidak beradaptasi untuk merawat mereka, kita tidak akan merasakan tarikan untuk merawat mereka dan mereka akan mati," tambah Helen. (Ningtriasih/Womenshealthmag) :::Metrotvnews.com, Jakarta:::