Pasangan Anda Tidur Mendengkur? Ini Solusinya

kotabontang.net - Punya pasangan yang mendengkur kala tertidur bukanlah hal yang mudah. Ketika Anda sedang terlelap, tiba-tiba saja ada suara mengganggu yang membangunkan Anda dari mimpi indah.

Yang paling parah adalah saat Anda tak juga dapat tertidur pulas, karena terganggu dengan suara dengkurannya. Alhasil, kurang tidur dan kelelahan harus dialami di tempat kerja keesokan harinya.

Menurut penelitian, ada satu cara mudah yang ternyata dapat membantu Anda dan pasangan mengatasi masalah sehubungan dengan dengkuran tersebut.

Silas Daniel Raj, dari the European Lung Foundation mencoba melakukan studi terhadap 130 orang, dimana setengah dari orang tersebut bermain alat musik tiup.

Hasilnya, kelompok yang memainkan alat musik tiup ternyata memiliki resiko rendah terhadap apnoea atau gangguan pernapasan yang seringkali terjadi saat tidur.

"Penemuan dari peneletian ini dapat menjadi alat pencegah atau terapi bagi orang yang memiliki masalah pernapasan saat tidur," ujar Daniel Raj.

Selanjutnya, Daniel Raj mengungkapkan bahwa bermain alat musik tiup khususnya yang terbuat dari bahan kuningan, dapat menjadi alternatif yang menggembirakan bagi orang yang mengorok saat tidur.

"Alat musik tiup dapat menjadi sebuah metode tak berbahaya dan sangat murah untuk mencegah terjadinya gangguan pernapasan saat tidur,"tambahnya.

Danie Raj menjelaskan bahwa hal tersebut dapat terjadi karena lewat alat musik tiup ini, otot pada bagian tenggorokan yang menjadi celah keluar masuk udara dapat lebih mengembang.

Apnoea atau kesulitan bernafas sendiri sangat berbahaya bagi kesehatan, karena dapat menyebabkan naiknya tekanan darah, menimbulkan resiko stroke, diabetes, serangan jantung, dan bahkan depresi.