Percayalah, Ini Cara Mudah Menidurkan Bayi

kotabontang.net - SEMUA orang tua menginginkan agar bayi mudah tertidur lelap, sehingga bayi maupun orang tua bisa beristirahat dengan baik dan beraktivitas kembali di esok hari.

Beberapa bulan pertama, bayi yang baru lahir memberikan perubahan berarti dalam pola tidur orang tuanya. Sebelum berusia 3 hingga 4 bulan, bayi akan terbangun setiap 2 hingga 3 jam sekali sehingga orang tua atau biasanya ibu akan ikut terjaga dan mengalami kurang tidur.

Hal tersebut adalah wajar karena bayi yang baru lahir membutuhkan susu 8 hingga 12 kali dalam 24 jam. Setelah memasuki bulan ke-3 atau ke-4, bayi bisa tidur lebih lama dan mulai mengikuti kebiasaan yang diciptakan secara perlahan-lahan oleh orang tuanya.

Namun, tetap banyak orang tua yang mengeluh karena bayinya tidak mau tidur di malam hari, sehingga orang tua selalu kurang tidur.

Berikut ini beberapa trik untuk membuat bayi mudah tertidur lelap, seperti dilansir laman Health Me Up, Kamis (16/4).

1. Jangan Tunggu

Letakkan bayi Anda ke tempat tidur segera setelah Anda merasa bahwa bayi Anda mengantuk.

2. Hindari Kontak Mata

Hal terakhir yang Anda ingin lakukan sebelum tidur adalah merangsang bayi Anda. Kontak mata terus-menerus dengan bayi Anda akan mempercepat denyut jantung dan meningkatkan tekanan darah bayi Anda. Jadi pastikan Anda menghindari kontak mata dengan bayi Anda saat meletakkan bayi Anda untuk tidur.

3. Bathtime

Sebelum tidur, sebaiknya Anda memandikan bayi Anda dengan air hangat dan pijat dia dengan lembut dengan kain. Mandi santai akan membantu bayi Anda tidur dengan baik.

4. Mengatur Suhu

Kamar bayi harus dijaga hangat pada siang hari dan dingin di malam hari. Suhu optimal untuk kamar tidur bayi adalah antara 16 derajat C dan 20 derajat C. Pastikan ruangan tidak terlalu panas karena bayi Anda mungkin lebih berisiko terkena sindrom kematian bayi mendadak (SIDS) yang juga dikenal sebagai kematian ranjang.

5. Sentuhan Penuh Kasih

Saat tidur, ketika Anda meletakkan bayi Anda di tempat tidur, letakkan tangan Anda dengan lembut pada perut, lengan dan kepala untuk menenangkan dia sehingga bayi Anda merasa aman di malam hari. (fny/jpnn)