Perlu Kamu Tahu , 4 Bagian Tubuh yang Membuat Setiap Manusia Unik

kotabontang.net - Tak ada manusia yang benar-benar serupa. Entah dari kondisi nasib atau fisik semua pasti berbeda. Bahkan kembar identik sekalipun pasti punya perbedaan.

Salah satu hal yang dikenal sejak lama dapat mengidentifikasi perbedaan tiap individu adalah sidik jari. Setiap orang di muka bumi ini memiliki sidik jari yang berbeda. Tak ayal pada kasus kejahatan, selalu ada proses pemeriksaan sidik jari untuk mengidentifikasi pelaku.

Sebenarnya tak hanya sidik jari. Ada beberapa bagian dalam tubuh Anda yang bisa membuat Anda menjadi 1 berbanding 7,2 miliar jiwa di muka bumi ini. Dikutip dari Medical Daily, berikut beberapa hal yang membuat Anda unik secara fisik, selain dari sidik jari.

1. Telinga
Tak ada orang yang betul-betul memerhatikan bentuk telinga. Paling-paling hal yang sering Anda perhatikan tentang telinga adalah terkait kebersihannya.

Itulah sebabnya banyak orang yang tak menyadari kalau bentuk telinga setiap orang itu berbeda-beda.

Lekukan telinga setiap orang pun unik, yang paling terlihat adalah bentuk daun telinga atau bagian pinggirnya.

Tak seperti sidik jari yang bisa berubah karena terluka, keseluruhan pola telinga akan tetap sama meskipun usia bertambah tua. Hal ini telah dibuktikan oleh para peneliti dari University of Southampton.

"Ketika Anda lahir, telinga Anda akan terbentuk dengan sempurna. Daun telinga mungkin akan turun sedikit tapi keseluruhannya akan tetap sama," kata peneliti sekaligus ilmuwan komputer Mark Nixon.

2. Iris mata
Sementara ada pelacak sidik jari atau pemindaian retina, pemindaian iris pun tengah berkembang dan menjadi salah satu perangkat yang berguna untuk mengamankan informasi atau area terentu.

Iris merupakan sebuah otot pada mata yang dapat mengatur ukuran pupil. Dan iris jugalah yang memberikan warna mata pada manusia sesuai dengan jumlah melatonin di dalamnya.

"Pemindaian iris dinilai sangat bermanfaat karena warna dan struktur iris pada manusia terkait genetik," kata sebuah keterangan yang dikutip dari laman FBI.

Iris terbentuk sejak di rahim dari membran jaringan yang melipat erat, dan sebelum lahir, membran tersebut berdegenerasi agar pupil terekspos. Ketika hal ini terjadi, struktur unik iris pun terbentuk.

3. Lidah
Gigi dan bekas gigitan manusia telah dianalisis sejak tahun 1970-an. Namun, ternyata, bagian terunik dari mulut adalah lidah. Sama seperti telinga, bentuk lidah hampir selalu sama dan tidak pernah berubah meski usia bertambah.

Sebuah laporan dalam jurnal Advances in Biometrics menemukan bahwa lidah mungkin bisa dijadikan salah satu organ untuk proses identifikasi. Hal ini disebabkan bentuknya yang unik pada setiap orang, juga tekstur permukaannya.

Para peneliti pun mencatat bahwa lidah adalah satu-satunya organ internal yang dapat diekspos secara normal dan mudah untuk inspeksi. Tekstur permukaannya pun tak berubah meski lapisan atas lidah berubah-ubah.

4. Gaya berjalan
Setiap orang berjalan dengan caranya masing-masing. Hal ini tidak hanya berhubungan dengan bagaimana kaki bergerak, melainkan juga dengan pergerakan seluruh tubuh.


Para peneliti menemukan setidkanya ada 24 komponen yang berbeda dari cara jalan seseorang yang bisa digunakan untuk identifikasi.

Peleburan seluruh komponen tersebut membuat cara berjalan seseorang menjadi unik. Beberapa studi mencoba menganalisa tentang gaya jalan orang yang berbeda. Sebagai contoh, salah satu studi membuat sebuah teknik yang disebut gait energy image, yang bisa menciptakan pencitraan pada komputer dari siluet dengan karakteristik gaya berjalan tertentu.

Para peneliti kemudian menambahkan atribut lainnya yang memungkinkan komputer untuk menambahkan bayangan bajunya. Dan hasilnya 80 persen akurat.