[ Rekor Baru ] Kereta Maglev Jepang Dengan Kecepatan 600nKm/Jam

kotabontang.net - Kofu -- Kereta levitasi magnetik (Maglev) yang dioperasikan Central Japan Railway Co, Kamis (16/4), mencatat rekor kecepatan tertinggi dengan 590 kilometer per jam.

Rekor sebelumnya, dibuat pada Desember 2003, adalah 581 kilometer per jam. Kereta Maglev mengalami perbaikan agar bisa meluncur dengan kecepatan 600 kilometer per jam.

Dalam uji coba di lintasan khusus antara Uenohara dan Fuefuki di Prefektur Yamanashi, sebelah barat Tokyo, kereta berlari dengan kecepatan tertinggi selama 19 detik.

Rekor baru ini dibuat sehari setelah Central Japan Railway Co mengoperasikan kereta Maglev-nya menempuh jarak 4.064 kilometer. Rekor sebelumnya adalah 2.876 kilometer, yang dibuat tahun 2003.

Central Japan Railway Co telah mencetak semua rekor, sebagai persiapan untuk memulai layanan kereta Maglev tahun 2027. Kereta akan menghubungkan Stasiun Shinagawa di Tokyo dengan Nagoya sejauh 286 kilometer

Kereta Maglev hanya butuh 40 menit membawa penumpang dari Tokyo ke Nagoya. Bayangkan jika Anda menempuh Jakarta-Cirebon dengan kereta ini.

Central Japan Railway Co masih akan melakukan uji kecepatan lagi, untuk memastikan kereta bisa berlari dengan kecepatan di atas 600 kilometer per jam. [ inilah ]