Strategi Karyawan yang Miliki Bisnis Sampingan

kotabontang.net - Gilang merupakan owner dari Keromon produsen sepatu, tas dan topi lukis ternama. Siapa sangka ternyata pria berumur 28 tahun itu juga bekerja sebagai karyawan swasta. Padahal dari bisnisnya tersebut, dia bisa mengantongi profit bersih Rp6 juta per bulan.

Bukan hanya itu saja, Gilang juga masih menjadi photographer untuk sesi pre-wedding. Tentu beragam bidang yang digelutinya tersebut akan memakan seluruh waktunya.

Namun, hal itu bisa disiasatinya dengan management waktu yang dimilikinya. "Membagi waktunya, workday dari pukul 08.00 sampai pukul 16.00 sore sebagai karyawan swasta. Pukul 19.00 sampai jam 23.00 malam mengerjakan sepatu. Sabtu-Minggu untuk sesi photographer pre-wedding," tuturnya kepada Okezone, Jakarta.

Padahal, per bulan dirinya harus memproduksi sepatu lukis sebanya 150 pasang sepatu. Semua itu dilakoninya seorang diri tanpa bantuan anak buah. Hal itu dikarenakan sudah mencari karyawan yang kompeten, namun ada saja kendalanya.

"Dulu ada karyawan tetapi kerjanya tidak serius. Mencari karyawan harus dituntut punya skill yang cukup dan mau kerja keras. Untuk sementara belum didapat yang seperti itu," imbuhnya.

Meskipun begitu, Gilang mengatakan ke depannya tetap ingin membuka workshop agar menambah kapasitas produksinya.

"Rencana si mau buat workshop ke depannya. Untuk karyawan direkrut dari kalangan marjinal gitu," pungkasnya.

Gilang merupakan salah satu entrepreneur yang memulai usahanya dari hasil meminjam cat dari teman. Kendati dihadang harga sepatu sepatu yang terus meningkat setiap tahunnya, namun pantang menyerah.

"Tapi saya tidak menaikan harga, dikarenakan harga yang saya banderol itu lebih murah dari yang lain, dengan kualitas yang bisa diadu. Sehingga orang lain pun bisa menjadi reseller di tempat saya dengan harga yang murah. Itu cara menyiasatinya," tukasnya.

Kendati demikian, Gilang mengaku bisnis tersebut sangat masih akan terus berkembang. Oleh karena itu ke depan, dirinya akan memperbanyak pilihan produk.

"Usaha ini menjanjikan, karena sepatu ini lain dari yang lain. Untuk ke depannya saya akan membuat wedges, heels, dan boots lukis," pungkasnya. ( Okezone )