5 Suplemen Ini Penting untuk Laki-laki

kotabontang.net - BIASANYA, pria sering melupakan kesehatannya, terutama saat dihadapkan dengan urusan pekerjaan. Jika Anda selalu menyempatkan minum multivitamin setiap pagi untuk menjaga kondisi tubuh, itu merupakan hal yang baik.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa kandungan multivitamin memang memiliki ragam asupan yang dibutuhkan tubuh, namun hanya dalam takaran kecil. Suplemen dibutuhkan tubuh untuk bekerja, sehingga terjadi sinkronisasi yang baik antara kinerja otak dan tubuh.

Berikut beberapa suplemen yang dibutuhkan setiap pria, seperti dilansir laman Health Me Up, Rabu (6/5).

1. Kalsium

Laki-laki disarankan untuk mengonsumsi 1.000 mg kalsium per hari. Kalsium membantu penurunan berat badan dan memperkuat tulang dan gigi.

Mengonsumsi 1.200 mg kalsium sitrat membantu memaksimalkan penyerapan. Jika Anda sudah mengonsumsi tiga porsi susu per hari, Anda tidak akan memerlukan kalsium berlebih. Anda tidak boleh melebihi asupan maksimum 2.500 mg kalsium per hari.

2. Omega-3 asam lemak

Asam lemak omega-3 sangat penting bagi perempuan dan laki-laki. Asam lemak omega-3 mengontrol tekanan darah dan kadar trigliserida, serta mempromosikan kesehatan jantung dan mengurangi risiko pembekuan darah dan arteri yang tersumbat.

Penelitian menunjukkan bahwa pria dengan omega-3 yang tinggi berada pada tingkat risiko yang lebih rendah untuk meninggal akibat penyakit jantung dibandingkan pria yang asupan asam lemak omega-3 rendah.

Pilihlah suplemen asam omega-3 yang mengandung asam eicosapentaenoic (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA). Disarankan bahwa laki-laki harus mendapatkan 1.000 mg hingga 2.000 mg omega-3 per hari.

3. Vitamin D

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin D bisa melawan berbagai penyakit. Vitamin D membantu penyerapan kalsium dan kesehatan tulang. Sebuah penelitian baru menemukan bahwa orang yang menderita kanker pankreas dan kolorektal memiliki tingkat vitamin D yang sangat rendah. Studi juga menunjukkan bahwa tingkat yang memadai dari vitamin D menawarkan manfaat perlindungan terhadap serangan jantung dan stroke.

4. Lycopene

Lycopene adalah fitokimia yang memiliki sifat antioksidan kuat. Lycopene berperan penting dalam pencegahan kanker. Studi menunjukkan bahwa kadar likopen darah dikaitkan dengan rendahnya risiko kanker prostat. Lycopene bisa dengan mudah diserap oleh tubuh melalui sumber makanan dan suplemen. Makanan kaya likopen termasuk tomat, semangka, jambu biji dan pepaya.

5. Koenzim Q-10

Koenzim Q-10 adalah antioksidan alami yang diproduksi dalam tubuh, yang membantu sel-sel mengelola pasokan energi tubuh. Seperti layaknya usia, produksi koenzim Q-10 juga menurun. Koenzim Q-10 memperkuat otot jantung, mengurangi peradangan dan mungkin bisa menunda perkembangan penyakit parkinson.(fny/jpnn)