Alasan Pria Tertarik pada Perempuan yang Mirip Ibunya

kotabontang.net - Alasan Pria Tertarik pada Perempuan yang Mirip Ibunya, Pernah bertemu ibu kekasih Anda, dan merasa sepertinya Anda mirip dengannya? Ternyata, cukup umum laki-laki berkencan dengan perempuan mirip ibunya.

Dilansir dari laman Women's Health, para peneliti di Finlandia merekrut 70 laki-laki dan perempuan, dan membandingkan wajah pasangan masing-masing partisipan dengan wajah orang tua mereka.

Hasilnya cukup mengejutkan. Di saat suami dari partisipan perempuan memiliki wajah yang tidak mirip dengan ayah mereka, partisipan laki-laki lebih mungkin berakhir dengan perempuan yang secara signifikan menyerupai ibu mereka, kata Urszula Marcinkowska, psikolog dari Universitas Turku.

Yang perlu digarisbawahi, tak ada yang tak wajar tentang lelaki tertarik pada perempuan menyerupai ibu mereka, kata Marcinkowska. Ini alasannya, evolusi dan seleksi alam memiliki orang-orang yang diprogram sebelumnya untuk mencari mitra yang berasal dari kelompok spesies sama.

Karena kontak pertama dan paling dekat laki-laki adalah dengan ibu mereka, maka mereka menjadi laki-laki yang mencari pola sama, kata Marcinkowska. Sementara, seorang ayah, tidak peduli seberapa berdedikasi dan berjasanya dia, tidak meninggalkan jenis jejak yang sama pada preferensi pasangan putri mereka.

Namun perlu diperhatikan, koneksi ibu dengan anak tidak berhenti pada penampilan. Gagasan Sigmund Freud untuk Oedipus Complex sebagian besar berasal dari kejiwaan, hubungan lelaki dengan ibunya memainkan peran besar dalam seberapa baik dia menghubungkan perempuan di kemudian hari, kata Michael Kimmel, sosiolog dari Universitas Suny.

Landasan terbaik dari keterikatan romantis yang sehat adalah kedekatan dan kasih sayang ibu dengan anak, kata Kimmel. Namun, jika seorang lelaki memiliki hubungan tidak baik dengan ibunya, dia mungkin tidak sadar mencari perempuan yang mirip ibunya sebagai kekasihnya,” kata William Pollach dari Sekolah Medis Cambridge Heatlh Alliance.

Mengapa? Karena dia mencoba untuk memperbaiki hubungan dengan ibunya yang telah rusak. ”Tetapi itu hampir tidak pernah berhasil,” kata Pollack.
--cnn indonesia--