Bro! Bisnis Kamu SALAH Ketika,.....

kotabontang.net - Memiliki sebuah bisnis, selalu terdengar menakjubkan bagi sebagian orang. Beberapa orang bahkan memiliki ekspektasi yang terlalu tinggi dan sangat keliru terhadap bisnis tersebut, sehingga memunculkan berbagai kegagalan, kerugian dan kekurang siapan dalam menghadapi berbagai masalah usaha yang kerap terjadi di lapangan. Ingin tahu, alasan apa saja yang harus membuat kita waspada sebelum memulai usaha?

1. Berbisnis karena ingin melarikan diri dari suatu masalah.
Memiliki masalah di kantor, terkadang membuat seseorang begitu cepat memutuskan untuk ingin memiliki sebuah usaha. Padahal,antara bekerja di sebuah kantor dengan menjadi pemilik sebuah usaha memiliki begitu banyak perbedaan. Disatu sisi Anda hanya sebagai pegawai dengan aturan dan manajemen yang sudah pasti sedangkan di sisi lain Anda diminta untuk menjadi pengambil keputusan.

2. Karena Anda menginginkan kontrol.
Beberapa orang sangat menginginkan untuk memulai bisnis pribadi karena dianggap memiliki kontrol secara penuh. Bayangan menjadi seorang bos dari perusahaan yang di miliki sendiri, membuat tiap orang merasa superior dan memiliki akses tanpa batas untuk mengerjakan apa saja yang disukai. Padahal menjadi seorang bos juga menerima tanggung jawab yang paling besar dan menerima resiko paling besar pula.

3. Karena hasilnya berjuta-juta.
Menjadi pengusaha dan memiliki sebuah bisnis memang akan menimbulkan obsesi bahwa Anda akan memiliki unlimited income atau pendapatan tanpa batas yang berarti bisa berjuta-juta uang yang akan Anda miliki. Tapi selayaknya hal lain dalam hidup, dalam bisnis pun kita akan diperkenalkan dua sisi yaitu untung dan rugi. Jika beruntug ,kita akan mendapatkan pemasukan tanpa batas, tapi jika tidak beruntung, kita bahkan bisa ,menanggung kerugian yang besar.

4.Karena ingin terkenal.
Tentu rasanya menyenangkan, jika suatu hari Anda bertemu kawan lama dan bisa menyombongkan usaha yang Anda miliki sendiri. Beberapa orang sangat ingin menjadi pengusaha juga karena faktor tersebut. Tapi menjadi terkenal bukanlah faktor utama yang bisa dijadikan pegangan untuk memulai bisnis. Bisnis harus didasarkan pada sebuah kesadaran, dimana kita harus berani menerima kesuksesan sekaligus memanajemen resiko,bukan hanya karena ingin terkenal.

5.Ingin menghabiskan banyak waktu dengan keluarga.
Mungkin kita semua sering mendengar slogan diatas, bahwa menjadi pengusaha akan membuat kita memiliki banyak waktu untuk keluarga tanpa harus terikat jam kerja yang padat. Hal ini sebenarnya tidak benar. Menjadi seorang pengusaha sama hal nya menjadi pegawai juga. Jika ingin sukses,berarti harus bekerja keras, dan ini juga berarti belum tentu memiliki banyak waktu untuk keluarga,karena makin besar bisnis Anda, maka makin banyak hal yang harus Anda tangani.

6. Karena bisnis keluarga.
Setiap menjalankan bisnis,kita harus memiliki passion atau ketertarikan pada bidang tersebut. Tujun dari memiliki passion dari bisnis yang kita jalani adalah agar kita mengerti, alasan, latar belakang, situasi dan kompetisi dari bidang yang Anda geluti. Jika kebetulan Anda berasal dari sebuah keluarga yang sudah memiliki bisnis, maka cobalah untuk mengenali bisnis itu dengan baik, tumbuhkan minat disana. Jika Anda merasa tidak memiliki ketertarikan sama sekali,maka pilihlah usaha yang Anda ingkinkan sesuai minat yang Anda ingini, karena dalam berbisnis Anda juga harus memiliki nilai kepuasan.

7. Karena kesukaan, tanpa arah tujuan.
Jika point no 6 diatas sudah sedikit menyinggung tentang kesukaan atau passion, maka poin 7 ini ingin mempertegas,bahwa kesukaan yang Anda miliki juga harus memiliki arah tujuan yang jelas. Jika Anda menyukai design interior, apa yang akan Anda lakukan dengan hal tersebut,apa yang ingin Anda kembangkan dari usaha itu dan bagaimana cara menghadapi persaingan dari usaha serupa. Makin jelas visi yang Anda miliki, maka makin kecil usaha Anda gagal. Jadi pikirkanlah secara serius, jangan hanya memiliki kesukaan tanpa arah tujun.

8. Karena berfikir bisa mendapat pinjaman bank untuk memulai usaha.
Kemudian kesalahn terakhir untuk memulai bisnis adalah jika anda berfikir, bahwa Anda bisa mengandalkan pinjaman Bankuntuk memulai sebuah usaha. Meminjam bank, akan dihadapkan pada batas waktu tertentu pembayaran, bunga pinjaman dan barang yang kita pertaruhkan sebagai jaminan. Sementara bisnis kadang tidak selalu berjalan sesuai rencana dan membutuhkan waktu lebih lama. Untuk menghindari malu dan rugi,maka jadilah orang yang kreatif, mulailah berbisnis dari hal-hal kecil yang Anda miliki, jangan bertaruh terlalu besar dengan meminjam kanan kiri.