Hati2 Gaes!! Wanita Ini Buta Setelah Kucing Menjilat Matanya Akibat Virus CSD

kotabontang.net - Bermain dengan kucing kesayangan memang bisa menjadi penghilang lelah dan stres, tapi waspadai kemungkinan Anda tertular penyakit dari hewan ini. Seorang wanita di Ohio, AS, mengalami buta setelah kucingnya menjilat matanya.

Janese Walter, wanita tersebut, terkena infeksi yang disebut cat scratch disease (CSD) di bagian mata kirinya. Pada awalnya ketika memeriksakan diri ke dokter ia dikira sakit mata biasa. Tapi ketika ia menyebutkan memelihara kucing di rumah, dokter langsung curiga ia terinfeksi CSD.

"Apa pun yang terpapar mulut kucing, termasuk jika Anda punya luka kecil yang dijilat kucing, bisa menyebabkan infeksi pada manusia," kata dokter Kris Brickman.

CSD bisa berdampak pada otak, mata, jantung, atau organ dalam lainnya. Walau komplikasi serius dari penyakit ini cukup jarang, tapi tetap saja diperlukan pengobatan. Yang perlu diwaspadai adalah infeksi yang terjadi pada anak berusia kurang dari 5 tahun dan orang dengan sistem imun lemah.

Bermain dengan kucing boleh-boleh saja, kata Brickman, tapi selalu cuci tangan dengan sabun setelahnya. Menurutnya, 40 persen kucing membawa bakteri yang bisa memicu CSD.

"Jangan biarkan kucing menjilat luka terbuka di tubuh dan hindari digigit kucing," ujarnya.