Ingin Tidur Pulas? Jangan Lakukan 5 Hal Ini

kotabontang.net - Bisa tidur dengan nyenyak merupakan hal yang diinginkan semua orang. Masalahnya, tidur sering terganggu karena berbagai hal yang tak diinginkan. Salah satunya ialah insomnia.

"Insomnia atau masalah tidur lainnya sering kali diakibatkan karena sesuatu yang Anda lakukan, mungkin secara tidak sengaja ketika Anda harus mempersiapkan diri untuk istirahat," kata seorang instruktur psikiatri dan anggota Behavioral Sleep Medicine Program di University of Pennsylvania, Michael Grandner, PhD, seperti dilansir laman Health, Minggu (3/5).

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda hindari sebelum tidur.

1. Gunakan e-reader atau smartphone

Beberapa studi telah menyarankan bahwa menggunakan perangkat elektronik seperti e-reader, smartphone atau bahkan menonton televisi sebelum tidur bisa mengganggu tidur. Sebaiknya Anda menghindari teknologi pemancar cahaya setidaknya satu jam sebelum tidur.

Lampu biru yang dilepaskan komputer, smartphone, tablet dan TV mencegah produksi melatonin yang membantu tubuh menjadi mengantuk.

2. Minum obat tertentu

Jika Anda mengonsumsi obat-obatan atau suplemen setiap hari dan juga mengalami masalah tidur, tanyakan kepada dokter waktu terbaik untuk mengonsumsi obat tersebut.

Beberapa obat-obatan bisa membuat Anda waspada selama beberapa jam setelah dikonsumsi. Sebagai contoh beberapa obat nyeri bisa mengganggu perut Anda dan membuat tidur lebih sulit.

3. Pesan teks

Pada 2011 lalu, National Sleep Foundation melakukan jajak pendapat dan menemukan bahwa sekitar sepuluh persen anak yang berusia 13-18 tahun terbangun setiap malam oleh panggilan telepon, pesan teks atau email. Untuk itu, sebaiknya letakkan atau matikan ponsel saat Anda tidur.

4. Minum kopi

Secangkir kopi mengandung 80-120 miligram kafein per cangkir. Anda mungkin sudah tahu harus menghindari konsumsi kopi tepat sebelum tidur. Lebih dari itu, kafein bisa tinggal di tubuh hingga 12 jam.

5. Makan cokelat

Orang-orang mungkin tidak berpikir tentang es krim yang mengandung cokelat atau kopi sebagai sesuatu yang berpotensi membuat mereka terjaga. Tapi, jangan salah karena coklat juga mengandung kafein.

Susu cokelat biasanya mengandung kurang dari sepuluh miligram kafein. Coklat juga mengandung theobromine yang telah terbukti bisa meningkatkan denyut jantung dan sulit tidur. (fny/jpnn)