Ini 4 Penyebab Perceraian yang Paling Sering Terjadi

kotabontang.net - Membina rumah tangga nan harmonis tentu menjadi dambaan semua orang. Masalahnya, tak semua keinginan itu bakal menjadi kenyataan. Berbagai hal bisa membuat biduk rumah tangga karam.

Berikut beberapa hal yang menyebabkan perceraian:

1. Penyakit

"Ketika salah satu pasangan memiliki kondisi kesehatan yang serius atau kronis, maka hal itu bisa mengubah dinamika hubungan secara keseluruhan. Penyakit menciptakan utang, rasa sakit dan kehilangan diri," kata konselor pernikahan dan psikolog, Elizabeth Ochoa, PhD, seperti dilansir laman Yahoo Health, Minggu (19/4).

Sebuah studi terbaru dari Iowa State University menemukan, tingkat perceraian enam persen lebih tinggi ketika istri memiliki penyakit seperti kanker, jantung atau paru-paru. Tingkat perceraian tidak meningkat ketika suami berada dalam kesehatan yang buruk.

2. Perubahan pekerjaan

Kehilangan pekerjaan oleh salah satu pasangan bisa menyebabkan stres baik itu tentang uang, keamanan dan tanggung jawab yang dapat meluas kepada ketidakpuasan perkawinan.

3. Persalinan

"Memiliki bayi bisa menciptakan stres dan bisa menimbulkan masalah dalam pernikahan," kata Ochoa.

4. Hidup terpisah

"Setiap orang memiliki berbagai tingkat kenyamanan dengan kedekatan dan jarak satu sama lain. Jika kedua orang merasa nyaman dengan hidup terpisah, tentu hal itu bisa bekerja dengan baik. Tetapi jika ada ketidakcocokan, berdasarkan kekhawatiran tentang penelantaran, kepercayaan atau kesetiaan, maka hidup terpisah akan menciptakan ketegangan hubungan," kata Ochoa.

5. Ketidaksetiaan

Bersikap terbuka dan jujur dengan pasangan bisa membantu kehidupan rumah tangga Anda. (fny/jpnn)