Ini Dia Sejarah Mobil Porsche Buatan Pertama Mirip Andong

kotabontang.net - Siapa tak kenal mobil sport mewah Porsche? Mobil buatan Jerman ini pertama kali dibuat tahun 1931 oleh Ferdinand Porsche. Ferdinand merupakan teknisi yang membuat mobil produksi Volkswagen pertama. Perusahaan Porsche berlokasi di Zuffenhausen, Stuttgart.

Mobil ini memiliki reputasi sebagai mobil yang berperforma tinggi, berkualitas, terpercaya dan mudah dikendalikan sehari-hari. Meski begitu mempesona, produk Porsche tidak terlalu populer pada awalnya mengingat pesaing lain seperti Lamborghini, Ferari, Mc Laren lebih dulu populer.

Porsche memiliki produk mulai dari jenis roadster boxster, cayman, SUV Cayenne, Sedan Panamera, dan model yang terpopuler adalah 911. Model 911 ini merupakan model lama di tahun 60-an, namun hingga kini ia masih sangat populer terutama setelah produksi ulang dengan varian terbaru. Harganya pun mencapai Rp 5,8 miliar untuk produksi tahun 2013.

Namun, tahukah anda seperti apa mobil Porsche pertama yang dibuat Ferdinand Porsche? sangat jauh dari tampilan supercar Porsche yang kita kenal. Porsche pertama justru berupa mobil listrik dengan bentuk seperti andong. Mobil ini berjenis Egger Lohner C2 Phaeton. Mobil ini dibuat tahun 1898, saat Ferdinand berusia 22 tahun dari campuran logam dan kayu. Mobil ini memiliki bobot 1,3 ton karena menggunakan banyak baterai dengan kecepatan maksimum 35 km/jam.

Saat ini mobil yang memiliki harga termurah di angka Rp 1 miliar ini justru melejit di Indonesia. Menurut PR Manager Porsche Asia Pasifik, Calista Tambajong, Indonesia menjadi salah satu pasar terbaik di wilayah Asia Pasifik per akhir Januari 2015 lalu. Salah satunya disebabkan setelah kemunculan Porsche Macan, salah satu nama hewan asli Indonesia. Porsche Macan menjadi daya pikat tersendiri bagi penyuka supercar ini meski dengan banderol harga Rp 1,3 miliar. Calista yakin penjualan Porsche akan semakin berkembang di Indonesia dan wilayah Asia Pasifik tahun 2015 ini. (tribunjateng/berbagai sumber)