Ini Dia Video Pembuatan Beras dari Plastik yang Tersebar di Bekasi


kotabontang.net - Barang atau produk industri "abal-abal" alias palsu, bisa dikatakan sudah lazim beredar di pasar berbagai daerah Indonesia.

Tapi, kekinian, produk palsu tersebut tampak kian merajalela. Tidak main-main, bahkan beras pun ada yang dipalsukan.

Pemalsuan beras tersebut, membuat geger bukan cuma telah ditemukan di sejumlah pasar di Bekasi, Jawa Barat, tapi juga karena bahan dan proses pembuatannya.


Sebab, beras tersebut dibuat dari bahan dasar plastik yang dianggap berbahaya bagi kesehatan. Beras itu sendiri, disebut-sebut diproduksi di Tiongkok.


Pembuatan beras dari plastik tersebut terungkap oleh video berjudul "Awas!!! Beras Palsu buatan Negara China!!" yang diunggah ke laman berbagai Youtube, Rabu (13/5/2015) pekan lalu.

Video tersebut secara gamblang memperlihatkan pembuatan beras dari limba plastik. Produksinya sendiri memakai peralatan canggih.

Dalam video, tampak satu pria tengah memilah limbah plastik. Setelahnya, plastik itu dimasukkan dalam mesin dan menghasilkan cairan.

Seusai menjadi cairan, plastik tersebut diubah bentuknya memakai mesin cetak. Hasilnya, plastik itu menjadi seperti benang panjang yang kemudian dipotong pendek menyerupai beras.

Sebelumnya diberitakan, beras plastik diam-diam beredar di pasar tradisional.

Seorang warga mendapatkan beras plastik itu setelah membelinya dari pedagang beras di sebuah pasar tradisional di Kota Bekasi, Jawa Barat.

Dia mengatakan, beras plastik itu bentuknya sangat mirip dengan beras asli.

Dari akun Dewi, dia mendapatkan beras plastik tersebut ketika membelinya pada Senin (18/5/2015)

"Ketika saya memasak untuk membuat bubur dan nasi uduk, kok beda ya? Tidak seperti beras sebelumnya. Padahal saya beli dengan harga Rp.8000 di tempat langganan saya," ujarnya berkicau dalam akun instagramnya.