Inilah Alasannya Mengapa Anda Perlu Minum Kopi

kotabontang.net - Sudah ngopi pagi ini? Kabar baik buat pencinta kopi. Biji kopi ternyata mengandung antioksidan baik yang bisa membunuh radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Inilah hasi riset terbaru di Australia.

Peneliti dari Monash University, Australia berkolaborasi dengan Illycafe, perusahaan kopi dari Italia. Mereka melakukan penelitian bagaimana radikal bebas dan antioksidan berperilaku selama kopi diseduh, dari biji kopi hingga penyeduhan.

‘Penelitian kami mempelajari baik biji kopi Arabika dan apa yang terjadi pada radikal bebas dan antioksidan selama proses penyeduhan kopi berlangsung,’ demikian jelas kepala penelitian Gordon Troup dari Monas University.

Pnenelitian ini memberikan pengertian lebih baik mengenai manfaat kesehatan dari kopi, juga pemahaman lebih baik tentang proses roasting. Terutama untuk mendapatkan kualitas kopi lebih baik.

Peneliti mengamati perilaku radikal bebas, molekul tak stabil yang mencari elektron untuk stabilitas. Hal ini yang diketahui menyebabkan kerusakan sel dan DNA pada tubuh manusia. Proses ini terjadi pada penyeduhan kopi.

Gordon Troup merupakan ilmuwan pertama yang menemukan radikal bebas pada kopi tahun 1998.

‘Tujuan utama peneltian ini adalah untuk memberikan pemahaman lebih baik tentang perkembangan radikal bebas dalam proses roasting. Kami juga ingin membuktikan bahwa kopi mungkin bisa sebagai sumber kegiatan antioksidan,’tutur Luciano Navarini, kepala ahli kimiwa dari Illycafe.