Kontroversi Jersey Baru Barcelona Mirip Punya Tim Gurem

kotabontang.net - Kontroversi terkait peluncuran jersey baru Barcelona untuk musim depan berlanjut. Akar permasalahan datang dari pihak klub asal daerah otonomi Catalan itu yang mencoba melakukan terobosan baru dengan mengubah tampilan garis vertikal menjadi horizontal.

Tanggapan bermunculan dari Barcelonistas. Dalam jajak pendapat yang diadakan oleh dua surat kabar ternama Spanyol yang berbasis di Barcelona, Sport dan Mundo Deportivo, sebagian besar ternyata tidak setuju dengan perubahan tersebut.

Para fans barangkali enggan menyaksikan klub kesayangan mereka kehilangan eksklusivitas. Pasalnya, jersey kandang anyar Barca hampir menyerupai klub tetangga, UE Llagostera, yang kini tercatat sebagai kontestan Segunda Division alias kompetisi sepak bola kasta kedua di Spanyol.

Keduanya sama-sama menggunakan garis horizontal berwarna biru dan merah. Satu-satunya perbedaan yang mencolok adalah di bagian kerah, Barca berwarna biru, sedangkan Llagostera menampilkan aksen kuning.
Persoalan ini sesungguhnya sudah lama diperkirakan oleh Nike selaku sponsor teknik Barca yang berkepentingan dalam hal desain. Berdasarkan laporan La Sexta, Nike juga sudah mencoba berkompromi dengan pihak Llagostera.

Nike meminta Llagostera mendesain ulang jersey klub agar tak lagi identik dengan Barcelona. Hanya, permintaan ini ditolak mentah-mentah sehingga kedua klub dipastikan bakal tetap menggunakan kostum masing-masing di musim depan.

Sport memberitakan bahwa jersey kandang anyar Barcelona telah dijual bebas di pasaran sejak Selasa (26/5), sementara jersey tandang dikabarkan belum akan tersedia hingga Juni mendatang.