Manfaat Dan Khasiat Bawang Merah yang Sangat Luar Biasa

kotabontang.net - Bawang merah merupakan salah satu rempah yang hampir tak pernah ketinggalan dalam meracik masakan khas Indonesia. Bawang merah mampu memberikan rasa yang khas pada suatu sajian.

Tentunya bawang merah menjadi primadona bahan resep dalam berbagai masakan Asia Tenggara dan dunia. Orang Jawa mengenalnya sebagai brambang.

Bagian yang paling banyak dimanfaatkan adalah umbinya. Beberapa tradisi kuliner juga menggunakan daun serta tangkai bunganya sebagai bumbu penyedap masakan.

Tanaman yang diduga berasal dari daerah Asia Tengah dan Asia Tenggara, seperti dilansir saransehat.com, selain dapat menambah nikmat rasa pada makanan, bawang merah juga mampu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat dan khasiat bawang merah bagi kesehatan tubuh? Berikut ulasan lengkapnya.

Menyembuhkan sembelit:
Menurut penelitian, bawang merah adalah salah satu rempah yang mengandung banyak serat.

Serat inilah yang akan membantu anda dalam melancarkan buang air besar. Selain itu, bawang merah mentah juga bermanfaat untuk menyingkirkan racun dalam usus kita.

Menjaga kadar kolesterol:
Manfaat dan khasiat bawang merah yang kedua adalah untuk menjaga kadar kolesterol. Bawang merah mengandung zat yang mampu menjaga kadar kolesterol kita agar tetap dalam jumlah yang normal. Dengan begitu, secara otomatis tubuh kita juga akan terhindar dari resiko penyakit jantung.

Menyembuhkan Sakit Tenggorokan (Batuk-Pilek):
Bawang merah juga terkenal mampu mengatasi rasa sakit pada tenggorokan. Bawang merah mengandung zat yang mampu mengatasi sakit tenggorokan, batuk dan pilek.

Cara membuat ramuannya adalah dengan menghaluskan bawang merah mentah kemudian mencampurkannya dengan sedikit jahe dan madu. Minumlah ramuan tersebut sebanyak satu sendok dan diminum 2 kali sehari.

Menurunkan Risiko Diabetes:
Manfaat dan khasiat bawang merah yang keempat adalah untuk menurunkan resiko penyakit diabetes. Mengkonsumsi bawang merah dalam keadaan mentah diyakini mampu menurunkan risiko penyakit diabetes. Karena itulah, bagi anda yang tidak ingin terkena penyakit mematikan ini, konsumsilah bawang merah mentah rutin setiap hari dengan jumlah yang normal.

Kesehatan Hati:
Manfaat dan khasiat bawang merah yang kelima adalah menjaga kesehatan hati. Bawang merah mentah mampu menjaga kesehatan hati kita dari berbagai serangan penyakit berbahaya. Selain itu, bawang merah juga terkenal mampu mengatasi masalah darah tinggi dan membuka kembali arteri yang tersumbat.

Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker:
Manfaat dan khasiat bawang merah yang keenam adalah mencegah pertumbuhan sel kanker. Bawang merah mengandung sulfur yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Jenis kanker yang dapat resikonya diminimalisir dengan cara mengkonsumsi bawang merah adalah kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker prostat.

Demikian beberapa manfaat dan khasiat bawang merah bagi kesehatan manusia.