Mencicipi Bebek Gaya Barat dan Asia Di Swiss Belhotel Balcony

kotabontang.net - MENU bebek goreng, bebek panggang, bebek cabai hijau atau bebek dengan beragam olahan lainnya ternyata merupakan menu yang banyak disukai, khususnya di Balikpapan. Tak heran, penjual menu olahan bebek ini dengan mudah kita temui di kota ini.

Swiss Cafe di Swiss Belhotel Balcony Balikpapan pun merilis menu bebek ala kafe ini dengan disajikan bergaya barat dan Asia. Menu ini diberi nama pan seared duck dan duck confite Asian style.
"Kami mengangkat tema bebek, karena bebek sudah familiar dan simple. Terus kita buat mix fushion Western dan Asian," katanya Executife Pastry Chef, Hefferli Vebriano. 

Cara pengolahan bebek agar tidak alot, kata Chef Ferli, hanya menggunakan metode rendaman minyak dan ukuran api yang kecil. "Bebek kan membutuhkan banyak minyak agar tidak keras. Sebelum diconfite atau digoreng, direndam minyak dan dicampur bumbu selama sejam. Terus ditumis dengan api paling kecil. Saat lemaknya timbul, baru dibuat kombinasi antara barat dan Asia," ujarnya.

Jadilah menu makanan diberi nama pan seared duck dan duck confite Asian style. Bebek tersebut saat disajikan tetap sama menggunakan metode penggorengan. Hanya menu pelengkap saja yang membedakan. Pan seared duck cocok disajikan dengan potato gratan, yakni kentang yang dipotong tipis berbentuk persegi panjang. Kemudian dicampur krim sebagai pengental dan keju parut.

"Kentang yang berlapis-lapis itu nanti dilapisi lagi dengan kuning telur yang sudah dikasih lada dan garam. Kemudian dioven selama 45 menit," kata Chef Ferli.

Menu western tersebut lebih nikmat jika dicelupkan ke dalam saus kental rasa jeruk. Sajian makanan bebek ala western itu ditawarkan dengan harga Rp 115 ribu++.

Untuk proses pembuatan saus pan seared duck, sebut dia, dibutuhkan bahan orange juice, rosemary, thyme, cooking cream (mengentalkan) dan mentega. Kemudian, lanjut dia, diblender terus disaring. "Butuh waktu sekitar 30 menit. Mulai persiapan sampai jadi," ujarnya. 

Berbeda dengan menu khas Asia, duck confite Asian style. Dilengkapi dengan mi goreng yang pedas dan sayuran pok choi Thailand. Kurang lengkap tanpa ada saus kare Malaysia. Menu bebek yang disajikan gaya Asia itu dapat dinikmati dengan membayar Rp 88 ribu++.

Pembuatan saus kare mengusung konsep kare Malaysia. Bahan-bahan yang dibutuhkan pembuatan saus kare antara lain, santan, kapulaga, cabai, bumbu rendang, garam dan bumbu penyedap. "Santan direbus hingga mendidih, langsung dikombinasi dengan rempah-rempah. Terus tunggu hingga hingga kental. Kurang lebih 20 sampai 30 menit," tuturnya.

Sedangkan sayur pok choi, kata dia, hanya perlu direbus dan butuh proses memasak sekitar 5 menit. Lalu, taburi bawang putih goreng. Proses penyajian hidangan duck confite Asian style hanya butuh waktu sekitar 10 menit. Kedua rasa masakan ini rasanya mantap. (*)