Mie NKRI Menu Andalan Bagio's Cafe&Resto

kotabontang.net - BERBAGAI menu tradisional dan manca tercantum dalam daftar menu di Bagio's Cafe&Resto, Jalan Cempaka No.2 Samarinda. Kafe dan restoran milik anak bungsu pengusaha dan tokoh Kaltim Yoes Soetomo, Bagio ini menyajikan menu-menu lengkap, di antaranya mie NKRI.

Nama NKRI diberikan oleh Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak yang juga meresmikan kafe dan resto tersebut. Nama NKRI disandangkan untuk mi kuah tersebut menurut Awang agar tidak identik dengan daerah-daerah tertentu di Indonesia. Mie NKRI ini jadi salah satu menu favorit Awang Faroek di resto ini. 

Sekilas dilihat, mie NKRI tidak ada keistimewaan dari penyajiannya. Tetapi, jika diicip, rasa kuahnya begitu berbeda. Executive Chef Hotel Bumi Senyiur Samarinda yang juga merangkap jabatan yang sama di Bagio's Cafe&Resto, Arfan mengakui perbedaannya ada pada rasa di kuahnya. "Benar sekali, mie NKRI ini rasa kuahnya beda. Makanya Pak Awang suka," katanya.

Rahasia di balik kuah yang beda itu, adalah campuran telur dan kaldu ayam. "Pada proses pembuatan kuahnya diberi kaldu ayam kemudian dicampur dengan telur ayam," kata Chef Arfan.
Rasa telurnya ketika disantap sangat terasa. Ditambah lagi, dengan telur rebus sebagai sajian tambahan mie NKRI. Bahan mi kuning biasa yang dipakai mi bakso, ditambah pok choi Thailand, telur rebus. (BACA: Empat Masakan Lezat ini Jadi Duta Kuliner Nusantara)

"Kelihatannya memang biasa saja kalau orang lihat. Pasti dikira sama dengan mi kuah yang dijual pinggir jalan. Tapi, kalau orang rasakan kuahnya, di situ keistimewaannya," ungkap Chef Arfan. Mie NKRI ini dibanderol Rp 22.500. (*)