Pria yang Merokok Lebih Besar Diserang Masalah Tulang

kotabontang.net - Kaum pria yang gemar merokok diintai banyak ancaman. Salah satunya ialah osteoporosis yang membuat tulang menjadi lemah sehingga bisa menyebabkan patah.

"Kami berharap risiko akan lebih buruk bagi perempuan tapi ternyata risiko itu jauh lebih buruk bagi pria," kata peneliti senior Dr. Elizabeth Regan seperti dilansir laman Fox News, Minggu (3/5).

Satu dari sepuluh wanita di atas usia 50 tahun memiliki osteoporosis dibandingkan satu dari 50 laki-laki. Perempuan cenderung memiliki tulang lebih kecil dan tipis dibandingkan laki-laki.

Wanita kehilangan kepadatan tulang saat produksi hormon estrogen menurun setelah menopause. Sementara, merokok bisa mempercepat hilangnya kepadatan tulang.

Regan dan koleganya menguji kepadatan tulang dan tingkat keparahan penyakit paru-paru. Mereka mencari patah tulang kecil di ruas tulang belakang pada 3.321 perokok dan mantan perokok serta 63 orang yang tidak pernah merokok.

Para peneliti menemukan, pria yang merokok secara signifikan memiliki kepadatan tulang yang rendah dan patah tulang vertebra lebih besar dibandingkan dengan perokok perempuan. (fny/jpnn)