Tiga Foto Ini Gemparkan Dunia dan Sempat Bikin Malu Indonesia

kotabontang.net - Tiga foto berikut mungkin akan mengagetkan Anda, sebenarnya bukan menggambarkan tentang wajah Indonesia namun menjadi satu hal yang bikin malu.

Tiga foto ini diunggah di Kaskus pada Senin (11/5/2015) lalu dan hingga Rabu (13/5/2015) masih menjadi Top Threads.

Akun dengan nama BeDeMpReT mengunggah tiga foto ini dan panen respon.

Berikut tiga foto tersebut:

Foto Pertama



Perhatikan dengan cermat, sekilas foto ini mungkin tak ada masalah, namun setelah diperhatikan sengan seksama ada seorang siswi SD yang mengacungkan jari tengah pada seorang nenek pengemis.

Dikabarkan foto ini mulai dipublikasikan di beberapa website internasional dengan judul 'Parenting Fails'.

Sebenarnya foto ini tak mewakili gambaran pendidikan di Indonesia namun foto ini menimbulkan kekhawatiran banyak orang apalagi setelah dimuat di situs-situs luar negeri.

Banyak komentar miring terhadap foto ini di luar negeri, belum diketahui identitas pengemis maupun siswi SD dan lokasi tepatnya. Foto ini cukup mencoreng wajah pendidikan Indonesia.

Foto Kedua

Ini adalh foto seorang bocah dari Indonesia, bocah asal Lampung bernama Aldi yang tak bisa lepas dari rokok.

Beberapa waktu lalu sempat membuat heboh setelah diliput wartawan di luar negeri setelah fotonya tersebar.

Dalam sehari Aldi menghabiskan 2 bungkus rokok.

Hal ini mencoreng wajah Indonesia dan setelah pemberitaan besar-besaran Aldi direhabilitasi dan kini ia terbebas dari ketergantungan rokok.

Sebuah tayangan televisi yang meliput lengkap peristiwa ini, bagaimana Aldi yang sebelumnya kecanduan rokok akibat lingkungan sekitar yang menganggapnya biasa hingga setelah dilakukan rehabilitasi.

Semoga hal ini tak berulang.

Foto Ketiga

Foto ini juga sempat mengguncang dunia, memalukan Indonesia. Jembatan ini bahkan diberi julukan Jembatan 'Indiana Jones', sebuah jepretan wartawan foto Reuters Beawiharta ini bikin heboh.

Ia mendokumentasikan bagaimana perjuangan anak untuk pergi ke sekolah melewati jembatan gantung yang rusak sangat parah.

Jembatan tersebut lokasinya di Desa Sanghiang Tanjung, Kabupaten Lebak, Banten.

Foto ini yang awalnya diunggah di Twitter lalu, blog serta Facebook oleh jurnalis yang memotret peristiwa tersebut sangat mengejutkan dan banyak kantor berita luar negeri yang menayangkan foto ini termasuk Daily News.

Dan hasilnya, setelah mengundang keprihatinan dunia internasional, pemerintah langsung membangun jembatan tersebut.

Ironisnya lokasi tersebut ada di Bante, provinsi yang hanya berjarak puluhan kilometer dari ibukota Jakarta. (tribunmanado/robertus rimawan)