Kantong Plastik Berbayar Bermanfaat Lho...!!!

kotabontang.net -

Buat yang sering belanja di supermarket, kamu harus siap-siap bawa kantong belanja sendiri dari rumah. Karena mulai tanggal 21 Februari 2016 kantong plastik nggak gratis lagi. Kamu harus bayar Rp.200 untuk memakai kantong plastik. Nggak cuma di supermarket, rencananya di pasar tradisional juga akan diterapkan kantong plastik berbayar. Mungkin dari kalian banyak yang ngeluh dengan penerapan kantong plastik berbayar, bisa menambah pengeluaran untuk belanja. Tapi dibalik itu semua ada manfaatnya lho!



Ini manfaat dari kantong plastik berbayar:

Mengurangi sampah plastik

Dari pada harus bayar Rp.200 untuk 1 kantong plastik, mendingan kita bawa kantong belanja sendiri dari rumah. Kantong belanjanya bisa berupa paper bag atau tas kanvas. Kalau semua orang udah menerapkan hal tersebut, penggunaan kantong plastik jadi sedikit dan otomatis bisa mengurangi sampah plastik di Indonesia. Dampaknya positifnya lagi, semakin sedikit sampah kantong plastik bisa mencegah terjadinya banjir dan pencemaran lingkungan.



Lebih hemat

Sebagai solusi dari pengurangan penggunaan kantong plastik, supermarket akan menawarkan konsumen untuk menggunakan kardus. Tapi buat kamu yang bawa kantong belanjaan sendiri dari rumah akan dapat potongan harga. Kamu bisa dapat diskon Rp.100 untuk setiap pembelanjaan Rp.100.000. Penerapan diskon ini udah dilakukan di beberapa supermarket. Lumayan kan jadi bisa menghemat uang belanja.



Dapat pahala

Nantinya potongan harga tersebut nggak dikasih langsung ke kosumen. Tapi uang dari potongan harga akan dikumpulkan dan didonasikan untuk lingkungan. Kapan lagi kan bisa mencegah pencemaran lingkungan sambil beramal dan dapat pahala?

Menurut kamu manfaat apa lagi yang bisa didapat dengan kantong plastik berbayar?