Kymnara Decoration,Party Planner “Kymnara Dekorasi Bontang”

kotabontang.net - Kymnara Decoration, menjadi salahsatu usaha di bidang jasa party planner. Atau usaha perencanaan pesta.Bidang usaha yang masih terbilang langka di Kota Taman.

Awalnya, Nelti Sari sang pemilik menjalankan usaha serupa bersama 3 rekannya. Usaha yang diberi nama Rumah Pelangi tersebut menjadi perencana untuk pesta ulang tahun. Dari pekerjaan awal inilah, Nelti cukup dekat dengan dunia dekorasi. Berbekal pengalaman di Rumah Pelangi itu, Nelti mencoba peruntungan dengan mendirikan sendiri bendera usaha yang diberinya nama Kymnara Decoration.

Dengan pengalaman dan jiwa seni yang tinggi, Nelti yang biasa di sapa Eel percaya, sejak awal dia cukup siap bersaing dengan pemain lama. Keyakinannya terbukti setelah dia sendiri sukses membangun bisnis ini menjadi bisnis modal kecil untung besar.

Keseriusan Eel dan suaminya ini mampu menghasilkan omset Rp 10 juta per bulan, bahkan bisa lebih dari itu ketika acara ultah maupun aqiqahan sedang ramai-ramainya.

Ketika memulai usahanya setahun yang lalu, Eel awalnya hanya bermodalkan keuntungan dari pengguna jasanya yang pertama. Modal itu digunakan untuk membeli bahan baku untuk acara ulang tahun yang merupakan even pertamanya.

“Kebetulan pas pertama mau mulai usaha, anak dari salah satu yang punya toko elektronik di sini mau adakan ulang tahun. Dia langsung kasih saya uangnya. Dari situ juga saya mulai belanja perlengkapannya,” jelasnya saat ditemui di salah satu café, Minggu (21/2) kemarin.

Saat itu juga Eel merekrut 3 orang tenaga lepas untuk membantunya, dengan sistem freelance. Tidak ada keterikatan untuk membayar gaji tetap, yang tentu saja masih sangat memberatkan untuk usaha barunya itu.

Dengan modal kecilnya ini, Eel mendapat bayaran dari job pertamanya dengan nilai yang cukup memuaskan. Seiring berjalannya waktu gaya hidup masyarakat pun sangat membantu perkembangan usaha Eel, begitupun sebaliknya kehadiran Kymnara membantu pemilik acara untuk mendekor.

“Sekarang kan kalo orang tua aqiqahan maupun anaknya ultah, sepertinya kurang sempurna kalau tidak di dekor. Apalagi kalau orang ternama misal pejabat atau anak pengusaha, apalagi kalau perusahaan yang ultah,” tuturnya.

Kini setelah usahanya sudah berjalan 1 tahun dan sudah semakin dikenal di masyarakat Bontang, Eel tidak cepat berpuas hati bahkan terkadang dirinya yang turun langsung untuk mendekor. Pasalnya, Eel kadang tidak puas jika pekerjaan rekannya tidak sesuai.

“Saya orangnya sangat detail memperhatikan kekurangan dekornya. Apalagi usaha saya ini memberikan pelayanan jasa jadi harus memberikan yang terbaik,” katanya.

Dalam mengembangkan usahanya, beragam strategi pemasaran dan pembenahan internal dilakukannya. Misalnya, terus melakukan promo baik secara langsung yakni dengan pelayanan dan pengerjaan yang baik akan menjadi promo dari mulut ke mulut.

“Selain orang tahu dari mulut ke mulut, juga tetap promosi lewat media sosial seperti facebook kymnara Dekorasi Bontang dan line eelitsdriel,” ucapnya seraya memperlihatkan facebooknya.

Saat ini dalam satu minggu, Kymnara dekorasi bisa mengerjakan setidaknya 4-5 proyek dekorasi dari skala nilai Rp 1-2 jutaan untuk acara ulang tahun dan aqiqahan.

“Saat ini setiap bulan kadang sudah penuh job untuk mendekor,” tutupnya.